• Kamis, 6 Oktober 2022

Pesan Menpora dalam Pengukuhan Kontingen SEA Games 2021 Hanoi

- Minggu, 8 Mei 2022 | 22:12 WIB
Menpora Zainudin Amali berpose bersama Kontingen Indonesia yang akan berjuang di SEA Games 2021 Hanoi
Menpora Zainudin Amali berpose bersama Kontingen Indonesia yang akan berjuang di SEA Games 2021 Hanoi

Jakarta, HanTer - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berpesan kepada seluruh atlet yang bertanding di SEA Games 2021 Hanoi menanamkan semangat perubahan paradigma baru olahraga dalam seremoni pengukuhan kontingen di Hall A Basket Senayan, Jakarta, Minggu (8/5/2022).

Sebagaimana diketahui, acara pengukuhan yang diikuti beberapa atlet berjalan cukup khidmat, lagu Padamu Negeri dan hormat kepada sang saka Merah Putih mengiringi langkah para atlet. Dengan menjalankan protokol kesehatan ketat, Menpora Amali menyalami satu persatu atlet sebagai tanda semangat mengantarkan para atlet yang akan bertanding untuk mengharumkan nama Indonesia.

Pada sambutanya, Menpora Amali yang juga didampingi Ketua NOC Raja Sapta Oktohari dan Ketua KONI Marciano Norman menegaskan bahwa, atlet Indonesia saat ini harus bisa menghadapi perubahan paradigma baru olahraga Indonesia dengan sasaran utama adalah, menggapai prestasi tertinggi di ajang Olimpiade. SEA Games dan Asian Games adalah sasaran antara yang tetap harus kalian ikuti sebagai langkah menuju ajang Olimpiade.

"Sesuai amanah Presiden Jokowi, kita harus memulai membangun pondasi ekosistem olahraga Indonesia menjadi lebih baik. Para atlet sekarang harus mulai merubah target ke prestasi yang lebih tinggi yakni, Olimpiade. Apakah kalian semua setuju?," tanya Menpora Amali. "Setuju," jawab para atlet dengan penuh semangat.

"Pengiriman kontingen Indonesia ke SEA Games pada yang pertama kali menggunakan paradigma baru prestasi nasional setelah mendapat arahan presiden. Di mana arahan (Presiden) meminta kepada kami untuk melakukan review total tentang ekosistem pembinaan prestasi nasional langsung diwujudkan dalam Undang-Undang (UU) Keolahragaan Nomor 11 Tahun 2022 yang sebelumnya didahului dengan Perpres No 86 Tahun 2021 tentang DBON," kata Menpora Amali.

"Salah satu pembeda antara SEA Games sebelumnya (2019), kira-kira berkurang hampir 50 persen. Kami meyakini yang diberangkatkan benar-benar (atlet) berprestasi. Mulai sekarang mimpi atlet itu harus Olimpiade. Namun demikian kami tetap mengirimkan ke SEA Games untuk mempersiapkan diri ke Kualifikasi Olimpiade Paris 2024," tambahnya.

Sementara Chef de Mission kontingen Indonesia, Ferry J Kono, menyebut akan ada 499 atlet yang diberangkatkan menuju Vietnam, dengan rincian 313 atlet pria dan 186 atlet wanita, serta beberapa official yang juga akan diberangkatkan.

“Nanti Indonesia akan bersaing di 41 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. 313 atlet pria dan 186 atlet wanita sehingga total 499 atlet, 214 official, serta tim CdM 63 orang,” ujar Ferry Kono

Ikut mendampingi Menpora Amali pada acara tersebut yakni, Plt Sesmenpora Jonni Mardizal, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Chandra Bhakti, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Staf Khusus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Kemenpora Mahfudin Nigara dan Asdep Olahraga Prestasi, Surono.

Sementara itu, dalam laporannya Ketua CdM Kontingen SEA Games Vietnam, Ferry J Kono mengatakan tim Indonesia akan mengikuti 31 cabang olahraga dari 41 cabor yang akan dipertandingkan.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jeda Dua Pekan Persib Bandung Pilih Berkabung

Kamis, 6 Oktober 2022 | 06:04 WIB

Chelsea Diperkuat Christopher Nkunku Musim Depan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:24 WIB
X