• Rabu, 28 September 2022

Timnas U-23 Kalah di Laga Perdana SEA Games 2021 Hanoi, Begini Komentar Bung Towel

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 21:39 WIB
Pengamat sepakbola Tommy Welly atau yang akrab disapa Bung Towel
Pengamat sepakbola Tommy Welly atau yang akrab disapa Bung Towel

Jakarta, HanTer - Penampilan perdana Tim Nasional (Timnas) Sepakbola U-23 Indonesia saat mengalami kekalahan 0-3 melawan Vietnam pada laga perdana Grup A cabang olahraga sepakbola SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam di Stadion Viet Tri Kota Phu Tho, Vietnam, pada Jumat (6/5/2022) lalu mendapat sorotan.

Apalagi, tim racikan pelatih asal Korea Selatan (Korsel) Shin Tae-yong yang jadi bintang iklan salah satu produk kopi tersebut, ditargetkan merebut medali emas pada pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara edisi ke-31 itu.

Pengamat sepakbola, Tommy Welly yang dihubungi pada Sabtu (7/5/2022), menilai jika penampilan Egi Maulana dan kawan-kawan saat menghadapi tuan rumah Vietnam, jauh dari ekspektasi target emas yang sudah 31 tahun tidak diraih Indonesia.

Bahkan, pengamat sepakbola yang akrab disapa Bung Towel itu pun menyebut pada laga itu Timnas U-23 Indonesia tidak mampu melakukan perlawanan ketat dan sepanjang pertandingan kontrol bola didominasi pemain Vietnam.

"Penampilan Timnas U-23 Indonesia jauh dari ekspektasi target emas yang ditetapkan PSSI. Yang menjadi pertanyaan sekarang, mengapa Timnas yang ditargetkan juara tidak mampu memberikan perlawanan terlebih kontrol bola sepanjang laga dikuasai oleh Vietnam. Jelas sekali terlihat kualitasnya jauh di bawah Vietnam," kata Bung Towel.

Lantas bagaimana peluang Timnas U-23 Indonesia ke semifinal?. Aktivis sepakbola yang memiliki channel Gocek Bung Towel di saluran Youtube itu pun menjawab; "Di atas kertas, Timnas Indonesia berpeluang masuk semifinal. Dengan catatan harus bisa memenangkan tiga pertandingan sisa."

Indonesia berada di Grup A bersama Vietnam, Timor Leste, Filipina, dan Myanmar. Di laga perdana tersebut, Filipina sukses mengalahkan Timor Leste dengan skor telak 4-0.

"Kalau Timor Leste dan Filipina nampaknya lebih mudah untuk bisa diatasi. Tetapi, Myanmar akan menjadi lawan berat. Meski di Piala AFF 2022 mereka memang gagal, tetapi harus diperhitungkan, karena prestasi sepakbolanya cukup meningkat belakangan ini," jelas Bung Towel.

Setelah kalah dari Vietnam, lanjut Bung Towel, tugas Shin Tae-yong cukup berat untuk mengembalikan mental pemain Timnas U-23 Indonesia. "Recovery mental pemain Timnas U 23 Indonesia harus cepat dilakukan untuk menghadapi tiga laga sisa. Ini menjadi tugas beratnya," tuturnya.

Hal senada juga dilontarkan pengamat sepakbola, Rayana Djakasurya. Bahkan, dia yakin Shin Tae-yong punya strategi untuk bisa memenangkan tiga laga sisa. "Sebagai pelatih kelas dunia, Shin Tae-yong pasti punya strategi untuk bisa memenangkan tiga laga sisa. Jadi, kita masih punya peluang maju ke semifinal," ujarnya singkat.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jam Kick Off Persib vs Persija Dimajukan

Rabu, 28 September 2022 | 16:51 WIB

Hasil Indonesia vs Curacao, Garuda Menang 2-1

Selasa, 27 September 2022 | 22:24 WIB
X