Kerahkan 13 Lifter, Angkat Besi Siap Tebus Prestasi di SEA Games 2021 Hanoi

- Selasa, 26 April 2022 | 23:13 WIB
Windy Cantika Aisyah
Windy Cantika Aisyah

Jakarta, HanTer - Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) akan mengerahkan kekuatan terbaik di SEA Games 2021 Hanoi. Sebanyak 13 lifter diterjunkan guna menebus prestasi setelah mendapat kepercayaan ikut serta dari pemerintah pusat, melalui tim Review bentukan Kemenpora.

Sekjen PABSI, Djoko Pramono mengatakan, bahwa sebelum berlaga di SEA Games Vietnam 2021, tim angkat besi Indonesia akan tampil lebih dulu pada Kejuaraan Dunia tingkat Junior yang berlangsung di Yunani pada 1-8 Mei mendatang.

Dalam kejuaraan itu, Indonesia akan menurunkan empat lifter yang terdiri dari tiga lifter putri dan satu lifter putra. Tiga lifter putri yakni, Windy Cantika Aisyah kelas 49kg, Najla Khoirunisa (45kg), Juliana Clarisa(55kg).

Sedangkan satu lifter putra ya itu, Rizki Juniansyah yang akan tampil di kelas 73kg. "Kami tidak mau menjanjikan target muluk-muluk. Yang penting mereka tampil all-out, syukur-syukur mampu memecahkan rekor dunia," kata Djoko di Mess Kwini, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2022).

Djoko merasa bersyukur karena Kemenpora mengabulkan permintaan PABSI untuk memberangkatkan sebanyak 13 lifter untuk berlaga di ajang SEA Games Vietnam 2021 mendatang.

"Di tengah ketatnya prosedur pengiriman atlet ke SEA Games berdasarkan pantauan Tim Review terhadap prestasi para atlet di Vietnam nanti. Kami berterima-kasih kepada Pak Menpora dan Tim Review yang telah mengabulkan permintaan kami dan semoga para atlet membalasnya dengan prestasi gemilang," ungkapnya.

Djoko Pramono juga mengungkapkan, pihaknya menyambut dengan tangan terbuka kehadiran kembali lifter Eko Yuli Irawan di Pelatnas PABSI. "Eko Yuli Irawan merupakan bagian dari kami juga. Sebagai senior, Ia diharapkan mampu membimbing adik-adiknya di Pelatnas," kata Djoko.

Menyinggung soal peta persaingan di ajang SEA Games Vietnam 2021, Djoko Pramono mengatakan pihaknya mewaspadai kemunculan kembali para lifter Thailand yang telah bebas dari sanksi doping, selain lifter tuan rumah Vietnam dan Filipina.

Ungkapan Djoko dituangkan ketika Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali datang ke Mess Kwini untuk memberikan motivasi kepada para atlet Pelatnas Angkat Besi SEA Games Vietnam 2021.

Dalam kunjungannya ke Pelatnas PABSI, Menpora didampingi Deputi IV Kemenpora, Chandra Bakti, Wakil CdM Kontingen Indonesia, Ade Lukman, dan Tim Review Prof. Asmawi yang disambut Sekjen PABSI, Djoko Pramono beserta pengurus lainnya.

Pada kesempatan itu, Menpora meminta agar para atlet Pelatnas Angkat Besi untuk fokus menghadapi Olimpiade Paris 2024 dengan memperbaiki prestasi di ajang Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

"Karena merupakan cabang prioritas Olimpiade, saya meminta agar PABSI lebih banyak lagi meloloskan atletnya di Olimpiade Paris 2024 dan memperbaiki hasil yang dicapai di Olimpiade Tokyo," kata Menpora Amali.

Ia juga mengatakan, angkat besi merupakan cabang olahraga prioritas dalam program DBON, untuk itu Ia meminta agar para atlet angkat besi bisa mempertahankan bahkan meningkatkan lagi prestasinya.

"Kalo tidak berprestasi dan tidak berhasil di DBON harus ada promosi dan degradasi. Ini merupakan tanggung jawab atlet maupun para pelatih untuk mempertahankan angkat besi sebagai cabor unggulan," pintanya.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Terkini

Resmi! Karim Benzema Gabung Al Ittihad

Rabu, 7 Juni 2023 | 06:04 WIB
X