• Selasa, 7 Februari 2023

Ketum PP KBI: Tim Review PPON Adalah Filter, Cabor Harus Persiapkan Atletnya Semaksimal Mungkin

- Minggu, 24 April 2022 | 12:21 WIB
Ilustrasi tes pengukuran atlet yang dilakukan oleh Tim Review PPON beberapa waktu lalu
Ilustrasi tes pengukuran atlet yang dilakukan oleh Tim Review PPON beberapa waktu lalu

Jakarta, HanTer - Pengurus Pusat Kick Boxing Indonesia (PP KBI) percaya penuh terhadap kinerja Tim Review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora di bawah komando Prof. Asmawi yang merekomendasikan cabor apa saja dan siapa atletnya untuk berlaga di multi event seperti SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam yang akan berlangsung pada 12 hingga 25 Mei mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Ngatino yang dipercaya untuk kembali memimpin PP KBI melalui Munas yang berlangsung di Jakarta, Sabtu (23/4/2022) lalu. "Kita harus percaya penuh terhadap Tim Review, mungkin kalau dalam hati kok begini, kok begini, tapikan kita bukan ahlinya. Mereka bekerja pasti punya dasar untuk menilai atau mereview dan kita percayakan kepada itu," ucap Ngatino.

Lebih lanjut, Ngatino pun menyebut jika kinerja Tim Review sudah baik dan matang, namun dalam konteks ini, para cabor harus saling mempercayai apa yang menjadi keahlian dari para personil Tim Review tersebut.

"Insha Allah mereka sudah bekerja dengan baik, meskipun tadinya kami Kick Boxing mengusulkan 10 atlet untuk diberangkatkan ke SEA Games 2021 Hanoi, tapi dua di delete, ya kami menerima itu, karena pasti mereka punya pertimbangan-pertimbangan," ucap Ngatino.

Ketum PP KBI, Ngatino


Seperti diketahui, pemerintah dalam hal ini Kemenpora tengah melakukan perubahan paradigma olahraga seiring dengan review total ekosistem keolahragaan nasional sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang bertepatan pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2020 lalu, kemudian tertuang pada Perpres 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Menyikapi hal tersebut, PP KBI melihat perubahan paradigma olahraga ini yang juga hadir di dalamnya Tim Review sebagai filter. "Tim Review itu kan ibarat sebagai filter, sehingga dengan adanya filter itu tentu kita para cabor harus tahu diri dan juga harus mempersiapkan diri (atlet) semaksimal mungkin bagaimana kita bisa lolos dari filter itu, karena itu yang penting, sehingga kita harus benar-benar dalam persiapan dan menunjukkan prestasi," pungkasnya.

Ya, Tim Review ini sudah menjadi polemik beberapa hari terakhir ini, sehingga mengundang hadirnya pro dan kontra, baik dari kalangan cabang olahraga, masyarakat hingga menjadi perhatian anggota DPR RI khususnya Komisi X.

Namun, Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Hetifah Sjaifudian menyebut jika pihaknya mengapresiasi langkah Tim Review terkait sistem pemberangkatan cabang olahraga dan atlet ke SEA Games 2021 Hanoi yang didasarkan data dan track record prestasi para atlet itu sendiri.

Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Hetifah Sjaifudian

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Real Madrid Minus Benzema di Piala Dunia Antarklub

Selasa, 7 Februari 2023 | 06:37 WIB

David de Gea Optimis Soal Kontraknya di Old Trafford

Senin, 6 Februari 2023 | 12:50 WIB

Aubameyang Dirumorkan Merapat ke Milan

Senin, 6 Februari 2023 | 11:05 WIB

Inter 1-0 Milan, Nerazzurri Dominasi Derby

Senin, 6 Februari 2023 | 10:40 WIB
X