• Selasa, 31 Januari 2023

Chandra Bhakti: Jika Ingin Diberangkatkan Adalah Tim Futsal Putra Sesuai Rekomendasi Tim Review

- Rabu, 13 April 2022 | 00:01 WIB
Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Chandra Bhakti
Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Chandra Bhakti

Jakarta, HanTer - Polemik tentang pemberangkatan tim futsal Indonesia untuk berlaga di ajang SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, terus bergulir, dimana Federasi Futsal Indonesia bersikukuh menginginkan tim putri yang menjadi wakil Indonesia di pesta olahraga dua tahunan negara-negara se-Asia Tenggara itu.

Hal tersebut ternyata bertentangan dengan rekomendasi yang diputuskan oleh Tim Review PPON yang bermaterikan para akademisi, profesor, praktisi olahraga, perwakilan KONI dan KOI/NOC Indonesia, dimana tim yang diketuai oleh Prof. Asmawi itu memutuskan hanya merekomendasikan tim futsal putra yang berlaga di SEA Games edisi ke-31 itu, melalui segala catatan apiknya.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Chandra Bhakti, mengatakan bahwa dalam mengambil keputusan pemberangkatan, pihaknya sangat mempercayakan hasil rekomendasi dari tim review, dimana analisis dari tim review beserta catatan-catatan prestasi itu merujuk kepada tim futsal putra.

"Tim review merekomendasikan pemberangatakan adalah tim futsal putra. Namun dari federasi futsal sendiri menyatakan jika tim putri yang diusulkan untuk diberangkatkan. Kami tak akan mengubah keputusan yang diambil dari tim review, karena sekali lagi analisis tersebut berdasarkan prestasi, bukan mengikuti keinginan dari federasi, sehingga tetap, keputusan kami jika ingin diberangkatkan adalah tim futsal putra," ucap Chandra Bhakti, Selasa (12/4/2022) malam.

Chandra Bhakti pun mengatakan jika rekomendasi pemberangkatan ini dilihat dari perspektif yang objektif dan profesional, dimana keputusan tim review itu sendiri berlaku untuk keseluruhan cabor yang diberangkatkan melalui analisis yang berbasis data maupun catatan prestasi terkini.

"Oleh karena itu, apa yang diputuskan tim review, maka kami dari Kemenpora tinggal menguatkan saja, karena kami percaya betul bahwa keputusan tim review ini berdasarkan keputusan collective collegial yang dilandasi oleh analisis yang objektif, karena kita betul-betul berharap dari pengiriman kontingen akan menghasilkan prestasi yang membanggakan bagi bangsa dan negara," ucapnya.

"Dengan demikian, hasil analisis tim review tersebut yang kita dukung, kita harus berani mengambil sebuah pilihan, termasuk juga apa yang menjadi kebijakan Pak Menpora Amali dimana tujuannya adalah Olimpiade, maka ajang SEA Games maupun Asian Games adalah yang berkesinambungan dengan Olimpiade. Jadi, jika kita ingin melakukan pembinaan yang baik maka catatan kita adalah berbasis data untuk prestasi," pungkasnya.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Chelsea Kembali Datangkan Pemain Baru di Januari Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 12:25 WIB

Madrid Ditahan Sociedad, Begini Kata Ancelotti

Senin, 30 Januari 2023 | 10:28 WIB

Bus Persis Solo Dilempari Batu, Persita Minta Maaf

Minggu, 29 Januari 2023 | 08:25 WIB

Aston Villa Tertarik Tampung Aubameyang

Sabtu, 28 Januari 2023 | 18:50 WIB
X