• Jumat, 7 Oktober 2022

Formula 1 Melbourne; Leclerc Juara, Verstappen Kecewa

- Minggu, 10 April 2022 | 22:46 WIB
Charles Leclerc (CRASH.NET)
Charles Leclerc (CRASH.NET)

Melbourne, HanTer - Pembalap Ferrari Charles Leclerc meraih kemenangan dominan di GP Australia untuk menegaskan posisinya di klasemen usai menjadi yang terdepan pada seri ketiga adu balap Formula 1 di sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu (10/4/2022).

Ini menjadi kemenangan kedua yang dipetik pembalap berkebangsaan Monako. Sebelumnya, Leclerc membuktikan kecepatan mesin Ferrari-nya pada seri pembuka yang berlangsung di Bahrain, 20 Maret lalu. Sedangkan pada seri kedua di Arab Saudi ia hanya finis di urutan dua, dibelakang Max Verstappen.

Kemenangan di GP Australia, pun membuatnya kian nyaman di puncak klasemen. Sang pembalap mengoleksi 71 poin. Ia unggul 34 poin dari pembalap nomor dua Mercedes, George Russell. Sedangkan dengan dua rival terberatnya sekelas Verstappen dan Lewis Hamilton makin menjauh.

Sejatinya, Leclerc mendapat ancaman dari Verstappen yang menjuarai seri sebelumnya. Verstappen membuntutinya di urutan dua saat lomba berlangsung. Akan tetapi masalah teknis yang menimpa kendaraannya membuat penyandang titel juara dunia F1 musim lalu gagal finis.

Sehingga Leclerc benar-benar tidak tersentuh pembalap lain saat memimpin dari start sampai finis untuk memenangi F1 GP Australia. Sedangkan Hamilton juga tidak mampu berbuat banyak. Pembalap berkebangsaan Inggris itu hanya mampu finis di urutan empat.

Purna balap, Verstappen mengatakan masalah reabilitas yang dihadapi Red Bull tidak bisa diterima setelah kembali menepi di Grand Prix Australia. Sebab ini menjadi kegagalan kedua dalam menyentuh garis finis dari tiga balapan pembuka musim 2022 setelah kegagalan teknis pada RB18 miliknya.

Meskipun memenangi balapan kedua di Arab Saudi, Verstappen kini tertinggal 46 poin di belakang Leclerc yang meraih kemenangan dominan di Albert Park.

Pembalap Belanda itu tidak bisa menyembunyikan rasa frustrasinya, menegaskan Red Bull tidak bisa membiarkan kegagalan seperti itu terjadi untuk menjaga peluangnya mempertahankan gelar. “Kami jauh di belakang,” Verstappen mengakui seperti dikutip Crash.

“Saya bahkan tidak ingin memikirkan pertarungan kejuaraan saat ini. Lebih penting hanya menyelesaikan balapan. Tentu saja, hari ini adalah hari yang buruk lagi. Kami tidak memiliki kecepatan."

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Terkini

Jeda Dua Pekan Persib Bandung Pilih Berkabung

Kamis, 6 Oktober 2022 | 06:04 WIB
X