• Selasa, 6 Desember 2022

Pesenam Rusia Tak Sesali Kenakan Huruf Z

- Selasa, 8 Maret 2022 | 22:40 WIB
Ivan Kuliak
Ivan Kuliak

Doha, HanTer - Pesenam asal Rusia, mengatakan dia tidak menyesal mengenakan simbol untuk mendukung invasi Ukraina di podium setelah acara Piala Dunia di Doha, Qatar, pada akhir pekan lalu.

Kuliak menempelkan huruf 'Z' di dadanya sebelum menerima medali perunggu di cabang paralel, sebuah acara yang dimenangkan oleh Illia Kovtun dari Ukraina.

Huruf tersebut terlihat dioleskan di seluruh kendaraan militer, termasuk tank milik Rusia, dan dianggap sebagai tanda dukungan untuk invasi.

Namun langkah dari pesenam 20 tahun itu rupanya mendapat reaksi dan kecaman. Bahkan Federasi Senam Internasional (FIG) telah meminta Yayasan Etika Senam untuk meluncurkan penyelidikan.

Tapi Kuliak, yang menghadapi prospek larangan panjang, tidak menyesali perbuatannya. Dikutip Russia Today, Selasa (8/3/2022) waktu setempat, ia bahkan akan tetap melekatkan simbol Z apabila ada kesempatan kedua kalinya.

"Jika ada kesempatan kedua dan saya punya pilihan apakah akan keluar dengan huruf 'Z' di dada saya atau tidak, saya akan melakukan hal yang sama. Saya melihatnya di militer kami dan melihat apa arti simbol ini," kata dia.

"Sebab huruf ini mengartikan "untuk kemenangan" dan "untuk perdamaian". Saya hanya ingin menunjukkan posisi saya. Sebagai seorang atlet, saya akan selalu berjuang untuk kemenangan dan bermain untuk perdamaian," jelas Kuliak menambahkan.

Sebagaimana diketahui, diluar profesinya sebagai atlet, Kuliak pernam menerima pelatihan militer dengan tentara Rusia tahun lalu. Simbol di bajunya menggantikan bendera Rusia, yang telah dilarang oleh Federasi Senam Internasional.

Editor: Hermansyah Terbit

Sumber: Russia Today

Tags

Terkini

Dominik Livakovic, Tembok Kokoh Pahlawan Kroasia

Selasa, 6 Desember 2022 | 06:41 WIB

Hebi Marapu Siap Rebut Sabuk Juara di Malaysia

Senin, 5 Desember 2022 | 22:40 WIB

Target Indonesia Raih 6 Emas di Kejuaraan WJWC 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:15 WIB
X