• Selasa, 6 Desember 2022

Pesenam Rusia Ivan Kuliak Bikin Heboh, Kenakan Simbol Perang di Jerseynya

- Minggu, 6 Maret 2022 | 23:07 WIB
Ivan Kuliak
Ivan Kuliak

Jakarta, HanTer - Pesenam Ivan Kuliak membuat heboh serta mengundang reaksi berupa kemarahan pada akhir pekan kemarin setelah dirinya mengenakan simbol perang Rusia di bajunya saat berbagi podium dengan pesaingnya asal Ukraina.

Dikutip laman Daily Mail, Minggu (6/3/2022), mantan juara dunia di tingkat junior Rusia itu baru saja finis ketiga di belakang pemenang Ukraina Illia Kovtun pada kejuaraan Piala Dunia Senam di Doha, Qatar.

Dan ketika para pesenam itu digambarkan berdiri diatas podium untuk merayakan seremoni pengalungan medali, terlihat jelas huruf 'Z' yang ditempel di tengah baju Kuliak.

Huruf Z, yang secara simbolis melambangkan 'kemenangan' dalam bahasa Rusia, terpampang di bagian depan, belakang serta samping tank dan kendaraan militer Vladimir Putin lainnya.

Usut punya usut, Kuliak, 20, merupakan pesenam yang turut sempat melakukan pelatihan militer dengan tentara Rusia tahun lalu. Z di bajunya menggantikan bendera Rusia, dilarang oleh Federasi Senam Internasional.

Politisi, aktivis, dan influencer pro-Putin juga terlihat mengenakan pakaian dan lencana dengan huruf 'Z' untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap perang. Merchandise 'Z' sedang dijual oleh Russia Today, saluran TV yang didanai Kremlin.

Kementerian Pertahanan Rusia mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa 'Z' berarti kemenangan. Hingga Minggu (6/3/2022) Rusia masih melakukan invasi ke Ukraina untuk melengserkan pemerintahan Presiden Volodymyr Zelensky yang diduga mendukung paham Neo NAZI.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dominik Livakovic, Tembok Kokoh Pahlawan Kroasia

Selasa, 6 Desember 2022 | 06:41 WIB

Hebi Marapu Siap Rebut Sabuk Juara di Malaysia

Senin, 5 Desember 2022 | 22:40 WIB

Target Indonesia Raih 6 Emas di Kejuaraan WJWC 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:15 WIB
X