• Senin, 5 Desember 2022

Menpora Amali Apresiasi Al Azhar Gelar Lomba Senam SAH antar SD di Seluruh Indonesia Melalui FELKA 2022

- Selasa, 1 Februari 2022 | 23:02 WIB
Menpora Zainudin Amali saat mempromosikan Senam SAH beberapa waktu lalu
Menpora Zainudin Amali saat mempromosikan Senam SAH beberapa waktu lalu

Jakarta, HanTer - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengapresiasi Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar yang akan menggelar lomba Senam Stay At Home (SAH) antar SD Islam Al Azhar se-Indonesia tahun 2022.

Lomba Senam SAH itu sendiri terbalut dalam rangkaian Festival dan Lomba Kreasi Al Azhar (FeLKA) SD Islam Al Azhar Tahun 2022 yang akan berlangsung pada 18-19 Februari mendatang.

"Bagus itu. Senam SAH ini memang kita tujukan untuk masyarakat. Di saat awal-awal pandemi dulu kan masyarakat terkurung, mereka yang biasa berolahraga pasti bingung karena gym ditutup, tempat-tempat olahraga dan lainnya ditutup sehingga harus di rumah saja. Nah supaya tetap berolahraga meski di rumah saja maka kita bikin panduan dan tutorial senam, namanya senam SAH," ucap Menpora Amali beberapa waktu lalu.

"Kami selaku pemerintah senang dan berterima kasih kepada Al Azhar yang menggelar lomba Senam SAH ini untuk para anak didiknya khususnya antar SD Al Azhar se-Indonesia, karena dengan begitu anak-anak yang menggemari olahraga, berarti kebugarannya tetap terjaga," tambahnya.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, sebelumnya Senam SAH juga menjadi rujukan bagi para guru olahraga SD Al Azhar sebagai pengambilan nilai bagi anak muridnya, bahkan masuk dalam materi pembelajaran ketika metode belajar mengajar secara PJJ.

"Baguslah kalau begitu, berartikan itu menjadi ekstrakurikuler. Saya kira harus begitu dan bisa menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lainnya, bukan hanya Al Azhar, namun apa yang sudah dimulai oleh Al Azhar bisa di contoh perguruan-perguruan lainnya," pungkas Menpora Amali.

Lomba Senam SAH yang dilakukan oleh Al Azhar di seluruh Indonesia ini adalah versi Senam SAH 2020, lantaran dinilai sangat pas ditujukkan kepada anak murid, kondisi, gerakan yang menunjukkan jaga jarak hingga musik pengiring yang sangat bersemangat.

Hal tersebut seperti diutarakan Enden Daenuri, selaku Ketua Panitia Pelaksana (FeLKA) SD Islam Al Azhar Tahun 2022. "Penetapan Senam SAH untuk diperlombakan pada FeLKA kali ini sesuai dengan kondisi sekarang, karena di Senam SAH ini mempraktekan unsur jaga jarak, dimulai dengan menggunakan hand sanitizer dan lainnya," ucap Enden.

"Selain lomba, juga untuk mendekatkan serta membiasakan kepada anak-anak untuk selalu prokes. Nah ketika berolahraga juga harus diperhatikan prokesnya, sehingga Senam SAH ini sangat cocok untuk dilombakan pada FeLKA antar SD Islam Al Azhar se-Indonesia pada tahun 2022 ini," tambah Enden.

"Kami pun mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora RI dalam hal ini Deputi Pembudayaan Olahraga yang telah memproduksi lahirnya Senam SAH, karena menurut kami Senam SAH ini sangat universal dan bisa dilakukan oleh siapa saja, di samping mampu mengedukasi tentang prokes yang terbalut menjadi satu melalui senam ini," pungkas Enden. Hermansyah

Editor: Hermansyah

Tags

Terkini

Target Indonesia Raih 6 Emas di Kejuaraan WJWC 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:15 WIB

Belanda vs AS Siapa Menang Ini Catatannya

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:51 WIB

Serbia vs Swiss: Misi Ganda Orlovi

Jumat, 2 Desember 2022 | 08:32 WIB
X