• Selasa, 7 Februari 2023

Henderson Turut Kritisi FA Ihwal Jadwat Padat Ditengah Wabah Omicron

- Rabu, 22 Desember 2021 | 22:13 WIB
Jordan Henderson (ilustrasi/ist)
Jordan Henderson (ilustrasi/ist)

Liverpool, HanTer - FA selaku federasi tertinggi sepakbola Inggris terus mendapat kritik pedas dari para pelaku olahraga si kulit bundar di negara tersebut. Setelah Thomas Tuchel sempat menyampaikan kekecewaan, kini giliran kapten Liverpool, Jordan Henderson menyuarakan hal yang sama.

Henderson turut buka suara mengenai padatnya jadwal di pentas domestik. Ironisnya, jadwal terus bergulir ditengah bayangan krisis kesehatan dengan cepatnya penyebaran Covid-19 varian Omicron di tanah Britania Raya.

Padahal, hampir seluruh laga di pentas Premier League pada akhir pekan lalu mengalami penundaan akibat banyaknya pemain yang positif Covid-19. Akan tetapi hal tersebut tak berlaku bagi Chelsea dan Liverpool. Alhasil kedua klub tersebut hanya bermain imbang melawan lawan masing-masing.

Hasil imbang tentu saja tak lepas lantaran pelatih tidak ingin mengambil risiko besar terjadinya klaster baru di klub mereka. Selain itu, ada juga beberapa pemain yang sedang menjalani karantina mandiri. Sementara rekan lainnya tetap mengarungi pertandingan setelah dinyatakan negatif. 

Akan tetapi keputusan itu dianggap Henderson tidak mendasar. Potensi pemain yang negatif bisa saja berbuah positif sewaktu-waktu. Dan bila mayoritas pemain di setiap klub positif Covid-19, maka Henderson langsung menuding bahwa federasi dan operator menjadi biang penyebab.

Ia pun merasa terpukul dengan keputusan itu. Dalam kritiknya, Henderson bahkan menuding federasi dan operator hanya mengutamakan kepentingan bisnis dibanding kesehatan para pemain yang meniti karir di Liga Inggris ditengah wabah Omicron. 

"Sepakbola bagi kami adalah segalanya dan kami ingin tampil di level tertinggi setiap kali kami menginjakkan kaki di lapangan. Dan sayangnya, pada periode ini sulit untuk melakukan itu. Ini sangat sulit tetapi kemudian, di atas itu, Anda meremehkan Covid-19 dan itu menjadi lebih sulit dan bahkan lebih buruk," katanya dikutip BBC Sport, Rabu (22/12/2021).

"Saya khawatir tentang kesehatan pemain dan saya tidak ada orang yang berpikir serius menanggapinya, terutama di periode ini, saat covid-19 itu ada. Kami akan mencoba untuk melakukan komunikasi tentang ini. Tetapi pada saat ini saya tidak merasa para pemain mendapatkan rasa hormat yang pantas mereka dapatkan," tegasnya. 

Liverpool kehilangan sejumlah pemain kunci melawan Tottenham, dengan Virgil van Dijk, Fabinho dan Thiago di antara mereka yang absen setelah tes Covid positif, sementara gelandang Henderson absen karena flu.

Halaman:

Editor: Hermansyah

Tags

Terkini

Real Madrid Minus Benzema di Piala Dunia Antarklub

Selasa, 7 Februari 2023 | 06:37 WIB

David de Gea Optimis Soal Kontraknya di Old Trafford

Senin, 6 Februari 2023 | 12:50 WIB

Aubameyang Dirumorkan Merapat ke Milan

Senin, 6 Februari 2023 | 11:05 WIB

Inter 1-0 Milan, Nerazzurri Dominasi Derby

Senin, 6 Februari 2023 | 10:40 WIB
X