• Senin, 5 Desember 2022

Jerih Icuk Sugiarto Dibalik Kesuksesan Apriyani Rahayu di Tokyo

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 05:31 WIB
Greysia Polii/Apriyani Rahayu
Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Jakarta, HanTer - Siapa yang tak kenal Icuk Sugiarto. Ia merupakan salah satu legenda bulutangkis Indonesia yang acap mengharumkan nama bangsa di pentas dunia pada era 1980-an.

Setelah melewati segudang pengalaman dan prestasi, Icuk akhirnya memutuskan untuk gantung raket pada 1989. Tetapi sang Juara Dunia tahun 1983 ini seakan tak mau melupakan bidang yang telah membesarkan namanya. 

Merasa memiliki tanggung jawab untuk memajukan dunia bulutangkis dalam negeri agar tak pernah kalah dengan negara lain, Icuk pun terus meluangkan waktu meski lebih dominan berada di balik layar.

Dari balik layar itulah, ada sebuah kisah yang menjadi kebanggaan tersendiri dari seorang Icuk, terutama saat menyaksikan kejuaraan olahraga terbesar empat tahunan sejagat bertajuk Olimpiade Tokyo 2020.

Memang, tidak ada peran khusus, terutama sebagai tim teknis dalam peranan Icuk di Tokyo 2020. Namun, sebuah kebanggaan lahir dari lubuk hatinya, ketika salah satu anak didiknya sukses mempersembahkan emas bagi Indonesia.

Ya, pasangan putri bulutangkis Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menggoreskan tinta sejarah dengan menyabet emas di nomor tersebut. Bahkan ini menjadi satu-satunya emas yang berhasil dibawa pulang kontingen Merah Putih.

Namun siapa sangka, ada jerih seorang Icuk dari kesuksesan tersebut. Dimana, Apriyani Rahayu merupakan mantan anak didiknya. Pria yang kini mempunyai training camp bernama ISTC di Sukabumi itu menutur singkat tentang sosok Apriyani.

Berasal dari Konawe, Sulawesi Tenggara, Apriyani yang berasal dari keluarga kurang mampu, coba mengadu nasib untuk mengasah potensinya dari pebulutangkis amatir menjadi profesional.

Ia pun bertolak ke Jakarta, ditemani dengan seseorang bernama Yuslan Kisra yang saat itu berstatus sebagai wartawan dan kini menjadi ASN di Kemenpora. Pada 2013, Yuslan-lah yang menitipkan Apriyani kepada Icuk. 

Halaman:

Editor: Hermansyah

Tags

Terkini

Target Indonesia Raih 6 Emas di Kejuaraan WJWC 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:15 WIB

Belanda vs AS Siapa Menang Ini Catatannya

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:51 WIB
X