• Selasa, 6 Desember 2022

Rektor Komaruddin Hidayat Mengaku Senang Kampus UIII Dikunjungi Menpora Amali

- Rabu, 16 Juni 2021 | 17:38 WIB
Menpora Zainudin Amali dan Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Prof. Dr. Komaruddin Hidayat
Menpora Zainudin Amali dan Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Prof. Dr. Komaruddin Hidayat

Depok, HanTer - Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Prof. Dr. Komaruddin Hidayat menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kehadiran Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali yang meninjau secara langsung proses pembangunan kampus yang dipimpinnya di Depok, Jawa Barat, Rabu (16/6/2021). 

Komaruddin mengatakan kampus UIII ini nantinya akan ada banyak program yang berkaitan dengan pembinaan pemuda dan itu berada dibawah kewenangan Menpora Amali. 

"Saya senang sekali dengan kedatangan Pak Menpora karena sesungguhnya kampus ini punya program yang sangat berkaitan dengan program pembinaan pemuda Indonesia. Misalnya, kami bisa menyelengarakan beberapa program leadership center training,  kami bisa mengadakan berbagai pelatihan antar pemuda ASEAN juga pemuda-pemuda antar aktivis, kampus, ormas bisa disini," ucap rektor Komaruddin. 

Selain itu, di kampus nantinya para pemuda akan diajak untuk berpikir secara global dan berpikir nasional kultural. Dengan demikian, akan muncul tokoh-tokoh pemuda yang sejak awal banyak bergaul dan tidak hanya bergaul dengan satu kelompok saja, karena itu yang membuat orang ekstrim ekslusif. "Kalau kita terbiasa bergaul, berdiskusi, dengan lintas profesi, kelompok, golongan bangsa, mereka akan punya wawasan lebih global," pungkasnya. 

Selain itu, Komaruddin berharap Menpora Amali dapat menciptakan sport center di kampus ini yang fungsinya tidak hanya untuk mahasiswa, tapi juga untuk masyarakat sekitar. "Sehingga kampus ini juga menjadi tempat rekreasi dan tempat olahraga. Syukur-syukur nanti ada semacam food court, sehingga di sini suasana nyaman, enak sehat, dan intelektual," jelasnya. 

Dia pun memberi pujian kepada Menpora Amali atas respon yang diberikan saat mendengar paparannya. "Pak menteri sangat suportif, pak menteri seorang aktivis pemuda, leadershipnya bagus. Mereka ingin di kampus ini nanti muncul tokoh-tokoh pemikir yang punya wawasan global, universal, plural. Pak menteri sangat mendukung," jelasnya. 

Untuk mahasisiwa, Dia mengatakan kampus ini akan menerima mahasiswa dalam negeri dan luar negeri. Namun, untuk saat ini karena situasi masih pandemi diutamakan dalam negeri. 

"Kalau mahasiswa itu kan internasional dan nasional, dosennya begitu tapi tentu kita bertahap ya. Karena situasi pandemi, maka untuk yang pertama kita utamakan anak-anak Indonesia," ujarnya. 

Namun bila nanti pandemi sudah mulai menurun, maka diharapkan ada mahasiswa luar negeri yang belajar di Indonesia. "Dengan demikian, orang ke Indonesia tidak hanya ingin wisata ke Bali. Tapi juga ingin belajar, ingin riset, Indoneisa banyak dikagumi negara lain. Tapu tidak ada tempat, kampus untuk mereka riset dan belajar. Nah ini tempatnya," pungkasnya. 

Halaman:

Editor: Hermansyah

Tags

Terkini

Dominik Livakovic, Tembok Kokoh Pahlawan Kroasia

Selasa, 6 Desember 2022 | 06:41 WIB

Hebi Marapu Siap Rebut Sabuk Juara di Malaysia

Senin, 5 Desember 2022 | 22:40 WIB

Target Indonesia Raih 6 Emas di Kejuaraan WJWC 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:15 WIB
X