• Rabu, 10 Agustus 2022

Alcaraz Kantongi Kemenangan Pertama Grand Slam di Perancis Terbuka

- Selasa, 1 Juni 2021 | 22:36 WIB
Petenis muda Spanyol, Carlos Alcaraz
Petenis muda Spanyol, Carlos Alcaraz

Jakarta, HanTer - Petenis muda Spanyol, Carlos Alcaraz memenangkan pertandingan pertamanya di Grand Slam dengan menundukkan petenis rekan senegaranya, Bernabe Zapata Miralles dengan skor 6-3, 2-6, 6-1 dan 7-6, sekaligus melangkah ke babak dua French Open di Roland Garros, Paris.

Petenis yang baru berusia 18 tahun itu sempat tertinggal dengan peluang break di set keempat, tetapi setelah mengerahkan kemampuan terbaiknya, akhirnya mampu mengklaim kemenangan pada pertandingan yang berdurasi 3 jam 10 menit itu.

Usai laga ia mengatakan bahwa dalam pertandingan tidak cukup hanya mengandalkan skill bermain, namun mental juga harus kuat. “Saya pikir permainan mental benar-benar penting di pertandingan semacam itu. Anda harus fokus dan tenang di sepanjang pertandingan. Hal itu benar-benar penting dan tidak mudah untuk melakukannya,” jelas Alcaraz.

Petenis berperingkat 97 dunia itu tidak hanya sukses terkualifikasi di dua Grand Slam pertamanya pada musim 2021, tetapi kini ia juga memenangkan pertandingan pertama di Grand Slam. Ia membangun momentum sebelum menuju French Open dengan mengklaim gelar ajang Challenger yang digelar di Oeiras, Portugal dua pekan lalu.

“Saya sangat mempercayai kondisi fisik saya. Saya bisa memainkan permainan yang benar-benar apik di sepanjang pertandingan," akunya.

Zapata Miralles tampak memiliki setiap jawaban atas semua permainan dari petenis peringkat 97 dunia, tetapi rekan senegaranya tampil lebih baik, termasuk menghasilkan 41 winner dan mematahkan servis Zapata setidaknya dalam delapan kesempatan.

“Saya pikir itu pertandingan yang sengit melawan petenis andal. Saya pikir, ketika saya memenangkan set ketiga, ia akan sedikit menurun di awal set keempat. Tetapi ia masih bermain dengan benar-benar baik di set keempat. Saya harus fokus dengan pukulan-pukulannya. Saya pikir saya memainkan permainan yang benar-benar apik di set keempat," ungkap Alcaraz.

Di babak kedua, Alcaraz akan menghadapi petenis peringkat 31, Nikoloz Basilashvili yang sebelumnya mengalahkan petenis berkebangsaan Serbia, Dusan Lajovic dengan skor 6-4, 6-3, 0-6 dan 6-2. Ini akan menjadi pertemuan pertama bagi keduanya.

Editor: Hermansyah

Tags

Terkini

Filip Kostic Diklaim Sepakat Gabung ke Juventus

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:35 WIB

Lalorta Klaim Frenkie de Jong Bertahan di Barcelona

Senin, 8 Agustus 2022 | 23:06 WIB

Chelsea Merugi Lepas Timo Werner

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:43 WIB

Liverpool Seri, Klopp: Fulham Ngotot, Kami Kewalahan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 10:48 WIB
X