Dapat Gelar Kehormatan, Jenderal Moeldoko Kini Bermarga Hasibuan

romi
Dapat Gelar Kehormatan, Jenderal Moeldoko Kini Bermarga Hasibuan
Jenderal Moeldoko bermarga Hasibuan/ ist

Medan, HanTer – Budaya dan adat sepertinya tak bisa dipisahkan. Bahkan, melalui kedua poin tersebut, seseorang bisa menjadi bagian dari sebuah marga yang ada di Indonesia. Itulah yang kini dialami Jenderal Moeldoko yang mendapat gelar kehormatan memiliki gelar Hasibuan di belakang namanya.

“Patuan Huristak, Drs Nagala Hasibuan gelar Patuan Barumun memberikan bersama dengan keluarga besar Hasibuan memberikan  marga Hasibuan dan gelar adat kepada Jendral Moeldoko Hasibuan,” kata Raja Huristak XII, Tondi Hasibuan, di Medan, Kamis (6/12/2018).   

Dikatakan Tondi, pemberian marga Hasibuan kepada Jenderal Moeldoko  berlangsung di kediamana Rahmat Hasibuan. Lewat sebuah prosesi adat pemotongan kerbau dan prosesi adat, mengingat gelar tersebut adalah Tongku Namora Sende.

“Raja Namora Sende sendiri adalah leluhur Raja Huristak dimana dalam turi turian kerajaan Huristak  bahwa Raja Namora Sende adalah suka berkendara suka mengendarai gajah putih,” terangnya.

Dikatakan Tondi Hasibuan, gajah putih merupakan kendaraannya dia.  “Kalau tongku dalam adat kerajaan adalah gelar untuk pangeran atau anak raja. Kalau di melayu disebutnya tengku. Berarti gelar Tongku Namora Sende bisa diartikan sebagai Pangeran Pengendara Gajah Putih,” tambahnya.