Jelang Diresmikan, Jasa Marga Segera Selesaikan Detil Pekerjaan Dua Overpass Jalan Tol

Anugrah
Jelang Diresmikan, Jasa Marga Segera Selesaikan Detil Pekerjaan Dua Overpass Jalan Tol
Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani dalam kunjungannya di Jembatan Kali Kuto sebagai rangkaian kegiatan pra uji laik operasi dan laik fungsi, Jumat (7/12).

Semarang, HanTer -- Sebelum tutup tahun, ada lima ruas tol Trans Jawa yang ditargetkan akan diresmikan. Empat dari lima ruas tol tersebut dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui berbagai kelompok usahanya. Pekerjaan fisik keempat ruas tol tersebut sudah hampir 100%.

Keempat ruas tol yang dimaksud adalah Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Semarang Solo Ruas Salatiga-Kartasura, Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Ruas Wilangan-Kertosono, dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan Ruas Pasuruan-Grati. Empat ruas ini akan melengkapi jaringan Jalan Tol Trans Jawa dari Merak-Surabaya yang akan tersambung di penghujung tahun ini.

Pra uji laik operasi dan laik fungsi keempat jalan tol tersebut dilakukan mengingat sejumlah pekerjaan fisik seluruh jalan tol tersebut sudah hampir mendekati final. 

“(Ruas Tol Batang-Semarang) sudah sekitar 99%, hampir 100%,” ujar Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani dalam kunjungannya di Jembatan Kali Kuto sebagai rangkaian kegiatan pra uji laik operasi dan laik fungsi, Jumat (7/12).

Desi menerangkan, dari empat ruas tol yang belum diresmikan tersebut, hanya ada dua titik yang pekerjaannya belum sepenuhnya selesai. Kedua titik itu adalah di Overpass Gempol di Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Ruas Wilangan-Kertosono dan Overpass Ngaliyan di Jalan Tol Batang-Semarang.

“Paling lambat seminggu kalau yang di Ngaliyan. Kalau yang di Wilangan-Kertosono, mungkin masih perlu 10 hari (penyelesaiannya),” ungkapnya.

Yang pasti, Desi optimis, keempat ruas tol yang akan dikelola oleh kelompok usaha Jasa Marga tersebut dapat beroperasi secara sebelum libur Natal dan tahun baru nanti. 

Selain Desi, pra uji laik dan operasi ini sendiri turut diikuti oleh antara lain Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi, Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Drs. Benyamin, M.M., Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) unsur profesi Koentjahjo Pamboedi, Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur, Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo, jajaran direksi kelompok usaha Jasa Marga. Dalam acara tersebut, rombongan menyusuri berbagai ruas jalan tol yang membentang dari Surabaya hingga Jakarta dengan titik akhir di Kantor Pusat Jasa Marga.