Acara Reuni 212 Membawa Berkah Buat Jakarta, Maman: Dalam Beberapa Jam Sudah Kantongi Jutaan Rupiah

Harian Terbit/Sammy
Acara Reuni 212 Membawa Berkah Buat Jakarta, Maman: Dalam Beberapa Jam Sudah Kantongi Jutaan Rupiah
Massa peserta aksi 212 membanjiri kawasan Monas

Gelaran aksi Reuni 212 membawa berkah bagi masyarakat terutama masyarakat kalangan bawah. Kamar-kamar hotel sekitar acara penuh. Pemiliki restoran dan rumah-rumah makan, katering kotakan, jajanan tradisional semuanya tersenyum karena jualannya bisa laku terjual.

“Dagang yang saya jual laris manis, dalam beberapa jam jualan, sudah kantongi Rp2 juta,” kata Maman, pedagang makanan di sekitar area acara runi di kawasan Monas Jakarta, Minggu (2/12/2018).

Indra (36) mengaku bahwasanya memperoleh rejeki dalam aksi ini. "Biasanya memang habis gorengan, tapi seharian itu. Sekarang 3 jam saja sudah ludes. Tahu gitu saya bawa stok banyak," ungkap Indra.

Pedagang atribut, Doni (34), yang mengaku datang sejak dini hari sejak pukul 02.00WIB, mengaku hal yang sama. Ia memperoleh keuntungan 10 kali lipat dari biasanya pada penjualan kali ini.

"Biasa dagang di bawah kolong rel dekat Masjid Istiqlal. Kalau di hari biasa rata-rata sehari paling dapat Rp200.000. Hari ini sudah Rp2.000.000," ujar Sule di lokasi, Minggu (2/12/2018).

Keuntungan diperoleh sejak berjualan pagi pukul 02.00WIB hingga 10.00WIB.

Bersyukur

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, merasa bersyukur dengan adanya kegiatan 212. Pasalnya dampak kegiatan ini secara tidak langsung membawa berkah bagi bergeraknya perekonomian di Ibukota.

"Bagi Jakarta, kedatangan begitu banyak orang ini ikut menggerakkan perekonomian. Banyak hotel-hotel di Jakarta mengalami peningkatan hunian, begitupun dengan kulinernya. Ini benar-benar berkah," ujar Anies.

Menurutnya, pergerakan ekonomi tidak hanya terjadi dikalangan pengusaha atas, pergerakan ekonomi dikalangan masyarakat bawah pun begitu terasa. "Anda saksikan sendri, pedagang minuman dijalan-jalan itu semuanya tersenyum karena jualannya bisa laku terjual," ujarnya.

Disisi lain, Anies pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang turut serta dalam kegiatan reuni akbar 212, karena mereka bisa menjaga ketertiban dan kebersihan, sehingga Jakarta masih terlihat indah dan bersih.

Rp1,6 Triliun 

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Taufan Rahmadi menilai jalannya aksi Reuni 212 memberi dampak positif bagi masyarakat. Datangnya jutaan massa dari penjuru Nusantara ke lokasi reuni secara tidak langsung turut membentuk sebuah konsep pariwisata yang secara riil menggerakkan ekonomi bernilai triliunan rupiah.

Taufan memiliki kalkulasi sederhana untuk melihat dampak positif reuni 212 pada perekonomian. Dia mengasumsikan jamaah yang hadir pada acara tersebut adalah 8 juta orang, di mana tiap orang menghabiskan Rp200.000 untuk kebutuhan pribadi seperti transportasi, akomodasi, konsumsi. Maka setidaknya 1,6 triliun uang berputar di berbagai sektor untuk mendukung aksi tersebut. 

"Tentunya itu baru asumsi sederhana. Bagaimana jika uang yang dikeluarkan tiap orang lebih dari Rp200.000? Seperti yang kita tahu, harga sewa kamar hotel di Jakarta saja setidaknya Rp450.000 per malam. Belum lagi biaya-biaya yang dikeluarkan untuk bahan bakar, buah tangan, dan lain-lain," kata Taufan dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (2/12/2018).

Taufan mengatakan, setidaknya ada tiga sektor yang mendapatkan dampak positif langsung dari Reuni 212, yakni transportasi, akomodasi, dan kuliner. Tiga sektor tersebut adalah kebutuhan dasar yang pasti dibutuhkan oleh tiap orang yang hadir di Reuni 212.

Untuk datang ke Jakarta, peserta dari berbagai penjuru Indonesia datang dengan moda transportasi darat, laut, dan udara. Tiket-tiket bus, ferry, dan pesawat terbang ludes diborong oleh jamaah, bahkan ada pula yang rela charter sejumlah pesawat komersil untuk keperluan transportasi. 

"Ini belum termasuk moda transportasi rakyat di sekitar tempat aksi, seperti ojek online, taksi, dan mobil rental, yang tentunya mendapat dampak luar biasa dari banyaknya massa yang hadir," beber Taufan.

Sektor lainnya, seperti UMKM kuliner pasti juga ikut tergerak. Restoran dan rumah-rumah makan, katering kotakan, jajanan tradisional dan kaki lima, ikut bergerak mendapatkan manfaat. Belum lagi usaha kecil jajanan asongan yang ikut beredar di sekitaran aksi, pastinya ikut ludes diborong oleh jamaah yang hadir. Masyarakat kecil mendapat imbas ekonomi langsung dari Reuni 212.

"Jadi, secara tidak langsung aksi Reuni 212 ini sebenarnya membentuk suatu konsep pariwisata baru, yaitu pariwisata gerakan, di mana banyak orang dari banyak penjuru hadir di suatu tempat, lalu memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat," ucap penerima penghargaan dari The World halal Travel Summit & Exhibition 2015 di Abu Dhabi ini.