Anggota DPR Abdul Halim : Indonesia Bisa Menjadi Negara Maju

Danial
Anggota DPR Abdul Halim : Indonesia Bisa Menjadi Negara Maju
Anggota DPR RI dari Fraksi PPP H. Abdul Halim memberikan sosialisasi Empat Pilar di Pondok Pesantren Al Adib Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Banten, HanTer - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H. Abdul Halim menilai Indonesia dapat menjadi negara besar dan maju, salah satu kuncinya adalah dengan mencerdaskan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama dilakukan dengan membangun kualitas sumber daya manusia untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi," kata H. Abdul Halim, di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Abdul Halim menerangkan, dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, maka bangsa Indonesoa akan memiliki daya saing dan mampu berkompetisi dengan bangsa dari negara-negara maju lainnya. 

"Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan potensi yang besar bagi Indonesia. Apalagi penduduk Indonesia juga besar yakni sekitar 260 juta jiwa, terbesar keempat di dunia," tuturnya.

Anggota Komisi VII DPR RI ini menambahkan, Indonesia juga kaya dengan sumber daya alam, yang dapat dikelola untuk sebesarnya-besarnya bagi kepentingan bangsa Indonesia. "Dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, maka bangsa Indonesia dapat lebih optimal mengelola kekayaan sumber daya alamnya," ungkap Abdul Halim.

Selain itu, lanjut Abdul Halim, bangsa Indonesia juga harus memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi serta komitmen untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Bangsa Indonesia sesungguhnya sudah selesai dengan komitmen Pancasila sebagai falsafah dan ideologi bangsa sehari setelah merdeka, pada 18 Agustus 1945," katanya.

Namun dalam perjalanan waktu, kata dia, adanya dinamika politik serta adanya penetrasi buda asing, sehingga nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI perlu terus disosialisasikan. MPR RI sebagai lembaga tinggi negara, memiliki tugas mensosialisasikan empat konsensus dasar bangsa Indonesia tersebut  yang diberi nama Empat Pilar MPR RI.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Banten I Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak ini menambahkan, pada saat dirinya melakukan sosialisasi Empat Pilar di daerah pemilihannya, yang dihadiri sekitar 150 orang warga setempat, banyak peserta yang bertanya soal bagaimana menjaga kerukunan masyarakat pada tahun politik ini serta bagaimana Pemerintah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

H. Abdul Halim, pada kegiatan sosialisasi Empat Pilar di  Aula Pondok Pesantren Al Adib, di Desa Kananga, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, pada Rabu (5/9/2018), dirinya menjelaskan, bahwa Indonesia adalah kaya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Masyarakat, kata dia, agar mengejar pendidikan yang setinggi-tingginya untuk menguasasi ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga nantinya dapat megelola sumber daya alam lebih optimal.
 
Di sisi lain, Abdul Halim juga mengingatkan, agar seluruh bangsa Indonesia, termasuk di Provinsi Banten, terus membangun jiwa nasionalisme dan komit menjaga keutuhan NKRI, sehingga bekerja dalam profesi apapun memiliki komitmen untuk kemajuan Indonesia.