KPK Tahan 4 Tersangka Suap Hakim

Safari
KPK Tahan 4 Tersangka Suap Hakim
Ekpose barang bukti OTT KPK terhadap hakim PN Jakarta Selatan

Jakarta, HanTer— KPK menahan empat tersangka perkara kasus dugaan korupsi terkait suap putusan perkara perdata di PN Jakarta Selatan tahun 2018.

"Keempat tersangka dilakukan penahanan untuk 20 hari pertama yaitu tersangka IW (Iswahyu Widodo) dan I (Irwan) ditahan di Polres Metro Jakarta Timur, MR (Muhammad Ramadhan) di rutan Pomdam Jaya Guntur, AF (Arif Fitrawan) di Polres Metro Jakarta Selatan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (29/11/2018).

Sebelumnya, KPK menetapkan dua hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yaitu Iswahyu Widodo dan Irwan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan suap terkait putusan perkara perdata di PN Jakarta Selatan tahun 2018

"Setelah melakukan pemeriksaan 1x24 jam dilanjutkan gelar perkara, disimpulkan adanya dugaan tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji oleh hakim PN Jaksel, maka KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan serta menetapkan IW (Iswahyu Widodo) hakim PN Jakarta Selatan selaku ketua majelis hakim dan I (Irwan) hakim PN Jaksel," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di gedung KPK Jakarta, Rabu.

Iswahyu dan Irwan diduga menerima suap sekira Rp650 juta dalam bentuk 47 ribu dolar Singapura (sekira Rp500 juta) dan Rp150 juta dari advokat Arif Fitrawan (AF) dan seorang pihak swasta Martin P Silitonga (MPS).

"Diduga sebagai pemberi adalah advokat AF (Arif Fitrawan) dan MPS (Martin P Silitonga) yang saat ini sedang dalam penahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Setalan atas dugaan pelanggaran pidana umum yang saat ini sedang dalam penahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan atas dugaan pelanggaran pidana umum," tambah Alexander dilansir Antara.

Diduga pemberian uang terkait dengan penanganan perkara Nomor 262/Pid.G/2018/PN Jaksel dengan penggugat Isrulah Achmad dan tergugat Williem J.V. Dongen dan turut tergugat PT. Asia Pacific Mining Resources (APMR) dan Thomas Azali agar majelis Hakim membatalkan perjanjian akuisisi PT Citra Lampia Mandiri (CLM) oleh PT APMR di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Perkara perdata tersebut didaftarkan di PN Jaksel pada 26 Maret 2018 dengan nomor perkara 262/Pid.G/2018/PN Jaksel dengan para pihak yaitu penggugat Isrulah Achmad dan tergugat Williem J.V. Dongen turut terguat PT APMR dan Thomas Azali.

Gugatan tersebut adalah gugatan perdata pembatalan perjanjian akuisisi PT CLM oleh PT APMR.