Kapolri Hadiri Police Specialist Conference di Singapura

Danial
Kapolri Hadiri Police Specialist Conference di Singapura
Singapura, HanTer - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menghadiri Police Specialist Conference yang diselenggarakan oleh Singapore Police Force (SPF) di Hotel Amara Tanjong Pagar Singapura, dari tanggal 28 sampai dengan 30 November 2018.

Singapura, HanTer - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menghadiri Police Specialist Conference yang diselenggarakan oleh Singapore Police Force (SPF) di Hotel Amara Tanjong Pagar Singapura, dari tanggal 28 sampai dengan 30 November 2018.

Konferensi dihadiri oleh lebih dari 100 praktisi dan akademisi kepolisian terkemuka dari berbagai negara untuk mendiskusikan berbagai informasi terkait pemberantasan terorisme, upaya mewujudkan keamanan publik, serta peningkatan kapasitas institusi dan personel kepolisian.

Konferensi juga dihadiri oleh perwakilan pasukan khusus dari berbagai negara yang terlibat dalam penanganan terorisme, antara lain Federal Police Bundespolizei, Australia Federal Police, Antwerp Police Department, Royal Brunei Police Force, Royal Canada Mounted Police Attache, Hong Kong Police Force, Alameda Country Sheriffs Office USA, Interpol, Europol, dan Densus 88 Anti Teror Polri.

Sedangkan Singapore Police Force selaku penyelenggara melibatkan Singapore Prison Service, Singapore Civil Defence Force, Singapore International Security Departement, Ministry of Defence Singapore and Central Narcotics Bureau.

Konferensi dibuka oleh Mr. Amrin Amin selaku Senior Parliamentary Secretary, Ministry of Home Affairs and Ministry of Health. Dalam sambutannya, Mr Amrin Amin menyampaikan pentingnya peningkatan kemampuan bagi personel yang terlibat dalam penanganan kasus spesifik seperti terorisme, narkoba, human trafficking serta berbagai kasus menonjol lainnya.

Mr. Amrin Amin juga menggarisbawahi pentingnya sinergi dan kerja sama police to police agar dapat mengatasi kejahatan yang melibatkan beberapa negara.

Undangan kepada Kapolri untuk menghadiri acara tersebut merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan atas keberhasilan dan peran penting Polri dalam pemberantasan terorisme global.

Undangan kepada Kapolri disampaikan secara langsung oleh Amrin Amin pada 31 Oktober 2018 dalam pertemuan bilateral di sela-sela penyelenggaraan ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime ke-12 di Nay Pyi Taw, Myanmar.

Kegiatan mengambil tema “Bridging Global Partners, Strenghtening Public Security” bertujuan untuk memperkuat kerja sama antar institusi keamanan dalam memperdalam pertukaran pengetahuan tentang praktik terbaik pemolisian (best practices policing), mengembangkan kapasitas (capacity building) personel, dan menjembatani pertukaran informasi (sharing information) antar institusi kepolisian.

Para praktisi dan akademisi yang akan menjadi narasumber dalam acara tersebut antara lain Jean Pierre Devos Kepala Intelijen Kepolisian Belgia, Arthur Law Wakil Direktur Operasi Kepolisian Singapura, Clarke Jarrett Komandan Kontra Terorisme Kepolisian Metropolitan London, Jane Connors Komandan Operasi Kepolisian Metropolitan London, Shaun Phillips salah satu Komandan Pasukan Khusus Inggris, Thomas F. Madigan Kepala Unit Aviation Kantor Kepolisian Alameda AS, dan Scott Paterson Wakil Komandan Tim Khusus Kepolisian Victoria Australia.

Mereka akan memaparkan berbagai pengalaman lapangan dalam penanggulangan terorisme. Selain itu juga didemonstrasikan berbagai keterampilan penanggulangan teror oleh Kepolisian Singapura.

Kapolri menyambut baik penyelenggaraan acara tersebut sebagai upaya bersama dalam penanggulangan terorisme, “Kegiatan seperti ini penting untuk diselenggarakan secara rutin sebagai sarana tukar menukar informasi dan pengalaman praktik terbaik dalam pemolisian, khususnya dalam penanggulangan terorisme,” ujar Kapolri Tito.

Kapolri juga menekankan bahwa kerja sama internasional dalam penanggulangan terorisme harus terus ditingkatkan. “Terorisme merupakan salah satu bentuk kejahatan transnasional, oleh karena itu penanggulangannya memerlukan kerja sama yang baik dari seluruh aparat keamanan lintas negara,” ucapnya.

Di sela-sela pelaksanaan konferensi, Kapolri juga melaksanakan pertemuan bilateral dengan Mr. Amrin Amin, untuk memperkuat kerja sama yang telah terbangun antara Polri dan SPF.

Mempertimbangkan pengalaman dan keberhasilan Polri dalam penanggulangan terorisme, Mr Amrin menekankan perlunya SPF untuk belajar kepada Polri dalam pencegahan dan penanganan terorisme.

Kapolri juga menerima permintaan untuk melaksanakan pertemuan informal dengan Deputy Commisioner Operations of SPF Mr. Tan Chye Hee. Pertemuan berlangsung dengan akrab karena hubungan baik yang telah terbina antara Polri dengan SPF selama ini.

Turut hadir mendampingi Kapolri dalam acara tersebut Wakadensus 88 Anti Teror Polri Brigjen Pol Martinus Hukom dan Karomisinter Divhubinter Polri Brigjen Pol Krishna Murti.