Peringati Hari Menanam Pohon

PLN Disjaya Tanam Pohon Langka Endemis

Safari
PLN Disjaya Tanam Pohon Langka Endemis
Perusahaan Listrik Negara (PLN) Disjaya menggelar kegiatan sosial dengan menanam 1000 pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung di Cikoko Timur, Jakarta Selatan.

Jakarta, HanTer - Jajaran pegawai Perusahaan Listrik Negara (PLN) Disjaya menggelar kegiatan sosial dengan menanam 1000 pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung di Cikoko Timur, Jakarta Selatan. Penanaman pohon ini untuk memperingati Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh setiap tanggal 28 Nopember. Oleh karenanya aksi menanam pohon juga dilakukan PLN di seluruh Indonesia.

General Manager PLN Disjaya, Muhammad Ikhsan Asaad, mengatakan penanaman pohon ini satu di antara upaya melestarikan lingkungan.Dana yang diberikan kepada Pemerintah Kota Jakarta Selatan guna menanam 1.000 pohon senilai Rp 145 juta. Selain menanam pohon, PLN Disjaya juga mempunyai program lainnya untuk pemberdayaan lingkungan. Seperti kampung binaan, atau bank sampah.

"Ini bentuk tanggung jawab sosial kami. Bagaimana menjaga lingkungan hari ini serentak di seluruh Indonesia," paparnya.

Ikhsan menuturkan, pohon yang ditanam ditanam merupakan tanaman jenis langka endemis Jakarta seperti Pohon Jamblang, Buni, Kecapi, Ceremai, Menteng, Sawo Manila, Kemang, Cempedak, Gandaria, dan yang lainnya. Selain untuk penghijauan dan mencegah abrasi sungai, penanaman pohon langka endemis Jakarta ini mengingatkan lagi akan jenis pohon yang sudah mulai langka di Jakarta.

Penanaman pohon oleh PLN merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Peduli. Bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan ini bertujuan mencegah efek rumah kaca dan mengurangi pemanasan global. Efek gas rumah kaca adalah penumpukan gas Karbon dioksida (CO2) pada atmosfer yang menyebabkan berlubangnya atmosfer. 

Berdasarkan penelitian, setiap 1 hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton Oksigen (O2). Bertambahnya pohon akan menambah jumlah oksigen yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Menanam pohon juga dapat mengurangi abrasi pantai. Program penanaman pohon ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan karena kegiatan ini melibatkan masyarakat dan stakeholder PLN.

Penanaman pohon ini juga dihadiri oleh Kasubdit Pemanfaatan KPHL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wakil Walikota Jakarta Selatan, dan Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Turut hadir Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci).

Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 22.000 pohon sebesar Rp 3,19 Milyar seluruh Indonesia. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik. Aksi tanam pohon yang PLN lakukan dalam rangka HMPI 2018 ini merupakan kelanjutan dari aksi tanam pohon tahap I yang dilakukan pada 5 Juni 2018. Melibatkan 32 unit PLN se-Indonesia, PLN menanam total 34.000 pohon. Total dana yang dikeluarkan PLN Peduli pada Tahap I ini sebesar Rp 4,64 Milyar.