TRIP OF INDONESIA 2018

Pemkab Malang Janjikan Bangun Sarana di Donomulyo Dongkrak Sport Tourism

Eka
Pemkab Malang Janjikan Bangun Sarana di Donomulyo Dongkrak Sport Tourism
Wakil Bupati Malang Sanusi (kiri) dan Raden Isnanta selaku Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora.

Malang, HanTer - Masukan pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) oleh Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta mendapat respon positif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Malang. 

Dalam masukannya, Kemenpora mengimbau seluruh masyarakat dan khususnya Pemkab Malang, agar turut serta membangun wilayah Donomulyo yang sarat potensi alamnya. Isnanta menyebut Donomulyo, khususnya di Sumberoto mempunyai alam yang cukup indah untuk dijadikan sebagai arena wisata, khususnya sport tourism.

Itu dikatakan setelah Isnanta dan rombongan mengunjungi kawasan itu untuk menutup grand final Paragliding TROI 2018 di Bukit Waung, Pantai Modangan, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (25/11/2018).

Menurut dia, potensi alam untuk dikembangkan dan dikelola menjadi objek wisata cukup besar di wilayah tersebut. Akan tetapi banyak sarana dan prasarana yang wajib dibenahi agar kawasan itu bisa lebih dinikmati masyarakat luas dengan nyaman. Diantaranya terkait akses jalan. Juga ihwal akomodasi seperti penginapan yang belum ada di wilayah itu. 

"Saya hadir karena ceritanya keren. Keren tempatnya, lautnya, anginnya, dan lingkungannya. Lebih keren lagi kalau sudah dibangun penginapan dan dipoles objek wisatanya," kata Isnanta saat menutup Grand Final Paragliding TROI di Bukit Waung, Pantai Modangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pemkab Malang melalui Wakil Bupati Sanusi yang turut hadir dalam penutupan Grand Final Paragliding TROI 2018 pun menyambut positif masukan pemerintah pusat, dalam hal ini Kemenpora. 

"Mengenai sarana dan prasana, ini tanggung jawab dari pemerintah Kabupaten Malang yang nantinya akan saya penuhi, termasuk pelebaran jalan," ujar Sanusi.

"Bahkan akan saya undang investor untuk bikin homestay atau hotel di dekat sini. Dan juga nanti Donomulyo yang ada di pinggiran pantai selatan ini menjadi meriah, nggak kalah dari Malang Utara," jelas Sanusi.

Sanusi pun bersyukur dengan terpilihnya Kabupaten Malang sebagai grand final Paragliding TROI 2018. Ia berharap dengan terbangunnya sarana dan prasarana, perekonomian kawasan setempat bisa terdongkrak melalui sektor pariwisata.

"Eksibisi kali ini sangat spesial. Serasa hormat dengan kehadiran Pak Isnanta. Semoga ini nanti bisa menjadi wahana paralayang internasional yang bisa mendatangkan paralayang mancanegara tampil disini. Untuk itu nantinya semoga kegiatan ini bisa dikolaborasikan dengan kejuaraan paralayang Internasional," jawabnya.