Sandi Janji Berikan Kursi Menpora dan Menristek ke Milenial

Sammy
Sandi Janji Berikan Kursi Menpora dan Menristek ke Milenial
Sandiaga Uno

Jakarta, HanTer - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno menjanjikan, jika dirinya terpilih di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, akan memberikan jatah kursi menteri kepada kalangan milenial, seperti  kursi Menpora dan Menristek.

Koordinator juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan ada harapan tertentu jika kursi Menristekdikti diisi milenial. "Pendidikan tinggi memang butuh cara baru, pendekatan baru, semangat baru. Kampus itu adalah tempat sumber kreativitas harus hidup, pembaharuan harus hadir. Oleh sebab itu, salah satu pihak, sosok yang bisa mendorong semangat, itu adalah anak muda, kelompok milenial itu," ujar Dahnil di Jakarta, Selasa (20/11/2018).

Dahnil menjelaskan, jika kursi Menristekdikti diisi kaum milenial, diharapkan komitmen akan adanya pembaharuan-pembaharuan dalam riset, teknologi, dan pendidikan tinggi di Indonesia dapat diwujudkan. Sehingga, ke depan, dapat mendukung perkembangan teknologi, ekonomi, dan politik.

"Bagaimana kemudian kampus ini menjadi center of excellence (pusat layanan unggulan) yang sesungguhnya. Kemudian dia bisa memproduksi tradisi-tradisi pembaruan, termasuk dalam bidang pengetahuan, riset, dan pendidikan tinggi," katanya.

"Jadi mereka ingin menjadikan pengetahuan itu basis pembangunan di Indonesia dan itu bisa digerakkan oleh anak muda," imbuh Dahnil.

Elektoral

Sosiolog dari Universitas Nasional Sigit Rochadi mengategorikan generasi milenial sebagai pengguna internet, khususnya media sosial. Menurutnya, para politikus paham akan hal ini.

Sehingga, lanjut dia, tak heran klaim-klaim sembrono tentang Milenial kerap direproduksi sebagai bahan kampanye di media sosial demi pemenangan elektoral.

"Klaim mereka sering hanya untuk kekuasaan, jika semua capres disebut Milenial, tentu tujuannya untuk meraih suara generasi muda, mendekatkan diri dengan generasi muda dan supaya disebut kekinian dan menjanjikan perubahan." ujar Sigit di Jakarta, Selasa (20/11/2018).

Diketahui sebelumnya, Sandiaga sempat menjanjikan bahwasanya kursi menteri nantinya akan ditempati dari kalangan milenial. Ia pun sempat berbicara tentang pentingnya kaum milenial untuk dimengerti.

"Siapa yang mengerti milenial? Ya milenial itu sendiri. Dengan angka sebesar 130 juta milenial, ini menjadi pasar yang begitu kuat. Tapi tergantung kalian (milenial) sendiri, mau jadi pemain atau hanya menjadi pasar. Saya berjanji untuk memberikan kursi menteri kepada milenial. Salah satunya Menpora dan Menristek," ujar Sandi saat menghadiri Dialog Ekonomi Peran Pengusaha dan Generasi Milenial dalam Membangun Perekonomian Bangsa di Cafe Nostalgia, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, beberapa waktu lalu.

#Pilpres   #2019   #Sandiaga   #Uno   #Prabowo   #Milenial