Peringati Hari Sumpah Pemuda

Komunitas AR Gelar Deklarasi Dukungan Serentak Jokowi-Ma`ruf di 6 Provinsi

Sammy Edward
Komunitas AR Gelar Deklarasi Dukungan Serentak Jokowi-Ma`ruf di 6 Provinsi
Komunitas Anak Republik (ist)

Jakarta, HanTer - Komunitas Anak Republik di beberapa provinsi menggelar deklarasi serentak dalam memberikan dukungan untuk Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma`ruf Amin di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

Beberapa provinsi yang melaksanakan deklarasi serentak antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi dan Papua.

Adapun deklarasi serentak tahap I pada peringatan hari Sumpah Pemuda ke 90 tahun, dilakukan dengan tujuan untuk mendukung kepemimpinan Presiden Jokowi dalam kontestasi Pilpres 2019.

Poin-poin yang dibacakan dalam deklarasi serentak oleh komunitas Anak Republik (AR) seragam sesuai arahan Ketua Dewan Pembina Anak Republik (AR) H. Arif Rahman SH.

"Yang pertama, konsolidasi Demokrasi berupa pesta demokrasi lima tahunan terkait Pileg dan Pilpres 2019, harus terselenggara dengan aman, jujur, dan adil," ungkap Ketua Dewan Pembina Anak Republik (AR) H. Arif Rahman SH, di Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Sementara poin yang kedua, Komunitas Anak Republik (AR) memandang kepemimpinan nasional akan menentukan arah dan tujuan masa depan bangsa ini.

Yang Ketiga, lanjut Arif, Komunitas Anak Republik menilai bahwa kepemimpinan yang mampu memberikan arah baru dan harapan nyata untuk terjadinya regenerasi di masa yang akan datang.

Poin keempat, dengan semangat kebangsaan yang bertumpu pada lahirnya sebuah konsensus nasional di Pilpres 2019. Dimana, ungkap Arif, untuk mengantarkan regenerasi yang akan datang adalah sebuah keniscayaan yang wajib diikhtiarkan bersama.

"Atas dasar itu semua, maka kami dari komunitas Anak Republik menyampaikan dukungan dan komitmen untuk memenangkan pasangan No.1 Joko Widodo-KH Ma`ruf Amin," terang dia.

Tak hanya menggelar deklarasi di berbagai wilayah seperti di kota Cirebon, Kab Cirebon, dan Kab Indramayu. Komunitas Anak Republik (AR) juga mengadakan berbagai aksi sosial. Salah satunya, aksi donor darah yang sempat berlangsung di PMI kota Cirebon.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai apresiasi anak muda di peringatan Hari Sumpah Pemuda ini. Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut donor adalah `Darah kita untuk Republik`.

Selain itu, Deklarasi AR juga dilakdanakan di Korwil Jawa Timur. Sekretaris Umum Kornas Anak Republik di Jawa Timur, Benny Widjaya, mengungkapkan bahwa deklarasi serentak Komunitas Anak Republik saat ini masuk Tahap I dan akan melakukan Deklarasi Tahap II pada 10 November 2018 menyambut Hari Pahlawan dibeberapa provinsi.

"Acara Deklarasi Komunitas Anak Republik (AR) Korwil Jawa Timur juga menghadirkan KH Maman Imanul Haq yang sekaligus menjadi Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma`ruf Amin dengan harapan Anak Republik lebih militan dalam mengkonsolidasikan kepada masyarakat dan memperjuangkan kemenangan Jokowi – Ma`ruf," ungkap dia.

Benny mengatakan, target utama dari deklarasi serentak Komunitas AR tahap I bertepatan dengan Peringatan Sumpah Pemuda ke 90 tahun. Tujuan utamanya, lanjut dia, menjaring pemilih milenial seluruh Indonesia untuk mendukung kepemimpinan pasangan Nomor 1 yaitu Joko Widodo-KH Ma`ruf Amin.

"Pemilih milenial menjadi faktor penentu kemenangan karena pemilih milenial yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan kedepan," ujar Benny.