PWI Jaya-PT Gajah Tunggal Sukses Gelar Uji Kompetensi Wartawa (UKW) ke 35

safari/romi
PWI Jaya-PT Gajah Tunggal Sukses Gelar Uji Kompetensi Wartawa (UKW) ke 35
Para juri UKW ke 35/ ist

Jakarta, HanTer -  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya  bekerjasama PT Gajah Tunggal sukses menggelar Ujian Kompetensi  Wartawan (UKW) ke 35 di Hotel Merlynn Park Hotel Jakarta. UKW yang berlangsung selama dua hari (26-27 Oktober 2018) ini diikuti oleh 38  wartawan/i dari berbagai media massa nasional baik, cetak, elektronik maupun online dengan meliputi tingkat Utama, Madya, dan Muda.

Presiden Direktur PT Gajah Tunggal Tbk, Sugeng Rahardjo mengatakan,  wartawan merupakan corong informasi yang mempunyai integritas dan independesi tinggi terhadap pembangunan Indonesia. Oleh karenanya, Gajah Tunggal senantiasa memberikan support atas kemajuan-kemajuan wartawan. Satu di antaranya menjalin kerjasama dengan PWI Jaya untuk menggelar UKW.

“Lewat tulisannya wartawan ikut serta dalam berkontribusi dalam membangun bangsa. Makanya kami senantiasa memberikan dukungan lebih agar wartawan di Indonesia mempunya kompetensi dan kualitas yang mumpuni,” tutur Sugeng, Sabtu (27/10/2018).

UKW ujar Sugeng,  merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas seorang wartawan/i, agar mampu mengemban tugas mulia dalam mengemas suatu berita sehingga menjadi informasi yang membangun bangsa dan negara. Apalagu di era digital saat ini berita hoax tengah menggerogoti dan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Disinilah peran wartawan sebagai filter agar berita hoax bisa diredam,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Jaya , Endang Werdiningsih, mengucapkan terimakasih atas kontribusi dan supporting PT Gajah Tunggal atas terselenggaranya UKW ke 35 ini. Karena dukungan dari Gajah Tunggal sangat berarti atas terselengaranya UKW 35 ini. 

"Makanya saya mewakili teman-teman dari PWI maupun semua yang mengikuti Ujian ini sangat berterimakasih pada Gajah Tunggal,” jelasnya.

Sementara itu salah satu penguji pada UKW 35, Firdaus mengatakan, bicara media berarti bicara industri. Jika sudah membicarakan industri berarti orientasinya pada profit atau pendapatan. Oleh karenanya UKW sangat penting bagi wartawan untuk meningkatkan kualitas, guna memahami betul profesi wartawan seperti Kode Etik Jurnalistik (KEJ). 

"Meski ada tuntutan dari perusahaan, tapi tetap tidak keluar dari kaidah KEJ yang sudah ditentukan oleh Dewan Pers. UKW ini meningkatkan kualitas, rasa tanggung jawab, untuk menciptakan wartawan/I yang professional,” tandasnya. 

Selain Firdaus, tim penguji dalam UKW ke 35 PWI Jaya ini diantaranya adalah Hendri CH Bangun, Marah Sakti Siregar, Sayid Iskandarsyah, Rita Sri Hastuti, Katharina M. Kaupoly.

Sehari sebelumnya, Ketua PWI Pusat Atal Depari telah membuka UKW ke 35 tersebut. dalam sambutannya, ia berharap seluruh peserta bisa lulus seratus persen. "Tak ada hal yang tak mungkin, saya yakin bisa lulus semuanya. Kan ini pekerjaan yang dilakukan wartawan sehari-hari. mulai dari proyeksi berita, menulis, ngedit dan seterusnya," kata Atal. 

#PWI   #Jaya   #Gajah   #Tunggal   #UKW   #ke   #35