Ketua MPR Bamsoet Tegaskan Pengawasan BOS Harus Diperketat

Danial
Ketua MPR Bamsoet Tegaskan Pengawasan BOS Harus Diperketat
Ketua MPR Bambang Soesatyo

Jakarta, HanTer - Persoalan pengawasan pemakaian dana bantuan operasional sekolah (BOS) reguler mesti diperketat.

Hal ini karena kepala sekolah diberi diskresi menentukan penggunaan dana, sebagaimana disampaikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melakukan pengawasan penggunaan dan penyaluran dana BOS.

“Dengan meminta kepada kepala sekolah di setiap sekolah yang menerima dana BOS untuk membuat dan menyerahkan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS secara berkala, dengan mengedepankan transparansi pertanggungjawaban, mengingat diskresi seperti ini mempunyai kelemahan dari sisi transparansi dan akuntabilitas,” tegas Bamsoet kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Bamsoet juga mendorong pemerintah dalam hal ini Kemendikbud bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk ikut melakukan pengawasan secara ketat terhadap penggunaan dana BOS, serta memberikan pendampingan kepada pihak sekolah (kepala sekolah) dalam menata kelola dana BOS.

“Baik untuk penggunaan belanja barang dan jasa, sarana prasarana penunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ), gaji guru honorer maupun pembangunan infrastruktur yang diperlukan, sehingga pemakaian dana BOS yang diberikan dapat dipergunakan sesuai peruntukkannya,” paparnya.

Bamsoet mengimbau kepada seluruh kepala sekolah untuk bertanggung jawab dalam mengelola dana BOS dengan menggunakan prinsip transparansi dan akuntabilitas, agar tujuan dana BOS yang digelontorkan dapat dicapai dengan baik.