Hanya Untungkan Golongan Tertentu, Masa Jabatan Presiden 7-8 Tahun Ditolak

Harian Terbit/Alee
Hanya Untungkan Golongan Tertentu, Masa Jabatan Presiden 7-8 Tahun Ditolak

Selain mengagendakan suksesi kepemimpinan pengurus MUI untuk masa bakti 5 tahun mendatang, Musyawarah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) tahun 2020 akan membahas sejumlah fatwa, antara lain pemilihan umum, termasuk periode masa jabatan presiden selama 7-8 tahun untuk satu periode dan tak bisa dipilih lagi pada periode selanjutnya. Juga fatwa pilkada, politik dinasti, dan paham komunisme

Menanggapi masa jabatan presiden 7-8 tahun ini, Wakil Sekretaris Jenderal PA 212 Novel Bamukmin mengatakan, sarat kepentingan golongan tertentu dan bermuatan politik praktis.

Novel pun mengajak umat Islam untuk tetap mengawal dan wajib menolak usul MUI itu bilamana arah usulan fatwa MUI itu untuk kepentingan golongan tertentu. "Kalau sudah arahnya seperti itu maka umat islam wajib tolak usulan MUI," kata dia.

Seperti disampaikan Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin AF, Munas MUI pada 25-28 November 2020 bakal mengusulkan fatwa tentang masa jabatan presiden selama 7-8 tahun untuk satu periode dan tak bisa dipilih lagi pada periode selanjutnya.

Selain perihal jabatan presiden-wakil presiden, Komisi Fatwa MUI juga mengkaji baik atau buruk perihal politik dinasti dalam praktik pemilu langsung di Indonesia saat ini.

Ketua Tim Materi Fatwa Munas MUI Asrorun Niam Sholeh dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin pagi, mengatakan bahwa pembahasan fatwa mengerucut pada tiga bidang, yaitu masalah sosial budaya, ibadah, dan ekonomi syariah.

"Tiga bidang itu juga mencakup rencana fatwa tentang perencanaan haji belia dan dana talangan haji, pengawasan pengelolaan zakat dan zakat perusahaan, wakaf, pemilihan umum, termasuk periode masa bakti presiden, pilkada dan politik dinasti, serta paham komunisme," kata Niam yang juga Sekretaris Komisi Fatwa MUI itu.

Selain itu, dalam pembahasan fatwa tersebut juga akan membahas berbagai hal terkait dengan COVID-19, seperti tentang vaksin, penanggulangannya, rambu-rambu adaptasi kehidupan baru, pemanfaatan bagian tubuh manusia untuk menjadi bahan pengobatan, dan hal terkait lainnya.

#Presiden   #ri   #mui