Habiburokhman: Bagus Bisa Pulang ke Indonesia, Umat Ingin Berkumpul Lagi dengan Habib Rizieq

Harian Terbit/Safari
Habiburokhman: Bagus Bisa Pulang ke Indonesia, Umat Ingin Berkumpul Lagi dengan Habib Rizieq

Wakil Sekretaris Jenderal PA 212 Novel Bamukmin mengatakan, dukungan anggota DPR Habiburokhman terkait kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) mendapat apresiasi.

“Dukungan ini menunjukkan wakil rakyat tersebut sangat aspiratif atas keinginan rakyat. Saat ini keinginan rakyat khususnya umat Islam adalah ingin berkumpul lagi dengan Habib Rizieq Shihab yang saat ini berada di Mekkah, Arab Saudi,” kata Novel Bamukmin kepada Harian Terbit, Kamis (15/10/2020).

Novel Bamukmin yang mantan petinggi FPI mengungkapkan, sampai saat ini Habiburahman bersama kawan kawannya yang tergabung di ACTA (Advokat Cinta Tanah Air) mendampingi Habib Rizieq Shihab saat memberikan keterangannya sebagai saksi ahli agama dalam kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. 

"Bukan itu saja beliau (Habiburahman) juga sangat berperan penting dalam kasus pembelaan terhadap Habib Bahar bin Smith sampai putusan PTUN kemarin," jelasnya. 

Terkait saat ini ada pihak yang berusaha agar Habib Rizieq Shihab tidak bisa pulang ke Indonesia, Novel menyebut, pihak yang tidak menginginkan Habib Rizieq Shihab pulang ke Indonesia adalah dari kelompok pendukung penista agama dan kriminalisasi ulama. Oleh karena itu tidak heran jika tingkah mereka selalu mempersulit Habib Rizieq Shihab sebagai ulama yang istiqomah dalam membela agama dan negaranya. 

"Mereka itulah yang disebut dalam Al-Qur'an sebagai orang munafiq dan orang yang didalam hatinya ada penyakit atau bisa disebut dengan Islamophobia," tandasnya. 

Berhak Pulang

Diketahui, Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman angkat bicara mengenai kabar Habib Rizieq Shihab segera pulang ke Indonesia. Sekadar diketahui, Twitter DPP FPI menyebut, Pemerintah Arab Saudi telah mencabut cekal Habib Rizieq dan membebaskan dari semua denda.

"Saya pikir, Habib Rizieq adalah warga negara Indonesia yang berhak mutlak untuk kembali ke Tanah Airnya," ujar Habiburokhman, Rabu (14/10/2020).

Dalam rapat kerja Komisi III DPR RI beberapa bulan lalu dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Habiburokhman mengaku pernah menanyakan apakah ada persoalan keimigrasian Habib Rizieq sehingga menyebabkan sulit pulang ke tanah air. Saat itu, kata dia, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyampaikan tidak ada pencekalan terhadap Habib Rizieq.

"Jadi, kalau persoalan pencekalan Pemerintahan Arab Saudi memang sudah tidak ada, saya pikir sudah bagus, bagus sekali kalau Habib Rizieq segera kembali dan berkumpul dengan kita," kata politikus Partai Gerindra ini.

Dirinya mengaku mendengar kabar Habib Rizieq segera pulang ke Tanah Air dari pernyataan Ketua Umum FPI Ahmad Sobri Lubis dalam pemberitaan media massa. 

"Ya saya kan dapat informasi dari media yang disampaikan Ustaz Sobri Lubis itu, bahwa Habib Rizieq kan sudah selesai urusan keimigrasian dengan pemerintah Arab Saudi, nah saya pikir itu, kalau memang sudah selesai, ya bisa segera pulang," pungkasnya.

Diketahui, Habib Rizieq berada di Arab Saudi sejak April 2017. Dia meninggalkan Indonesia di tengah berbagai kasus yang menjeratnya.