Pelarian Dalton Ichiro Tanonaka Berakhir: Advokat Hartono Tanuwidjaja Apresiasi Kinerja Kejaksaan

Zamzam
Pelarian Dalton Ichiro Tanonaka Berakhir: Advokat Hartono Tanuwidjaja Apresiasi Kinerja Kejaksaan
Advokat senior Hartono Tanuwidjaja, SH, MSi, MH, CBL

Jakarta, HanTer - Advokat senior Hartono Tanuwidjaja, SH, MSi, MH, CBL, sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas upaya Tim Tabur (Tangkap Buronan) Kejaksaan melaksanakan penangkapan terhadap buronan terpidana, Dalton Ichiro Tanonaka. Dalton merupakan warga negara USA ditangkap Tim Tabur, Rabu (7/10/2020) dini hari.

Sebelum upaya penangkapan terhadap buronan Dalton Tanonaka tengah malam kemarin. Dalton tercatat pernah 2 kali hendak Kabur meninggalkan wilayah hukum RI. Siasat Dalton kabur dengan menggunakan Paspor USA No. 561639409, antara lain pada tanggal 4 April 2018 Dalton sudah mengantongi Tiket Business Garuda GA 874 rute Jakarta - Tokyo.

Beruntung status Dalton dicekal pihak Imigrasi, dan pada bulan Mei 2019, Dalron sudah ditangkap dan langsung dijebloskan ke Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, Jakarta oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sigit Susharyanto, SH guna mempertanggung jawabkan perbuatannya yang melakukan perbuatan melanggar hukum.

Menurut Hartono Tanuwidjaja, status Dalton Tanonaka adalah sebagai residivis terkait dengan adanya putusan dari US District Judce Helen Gillmor yang memberi perintah agar Dalton menghabiskan waktu selama 90 hari di Pusat Penjara Federal Honolulu. Dalton dipenjara atas pelanggaran pidana kebohongan telah menerima sejumlah dana kampanye ilegal selama masa kampanye yang bersangkutan sebagai Kandidat Gubernur Hawai, pada tahun 2002 - 2004.

Dalton Tanonaka pada bulan Oktober 2017 juga pernah menandatangani Surat Kesediaan akan mengembalikan dana investasi 500 ribu dolar US ke klien HPR, dengan syarat meminta Pencabutan Perkara Perdata/Pidana. Tapi hal tersebut hanya merupakan dalih alasan semata untuk lepas dari jerat hukum.

Di kasus perdata, sambung Hartono Tanuwidjaja, klien HPR juga telah menang gugatan vs PT Melia Media International + Dalton  Tanonaka. Dalam kasus tersebut Dalton telah dihukum oleh Putusan No. 395/PDT.G/2015/PN.JKT.Sel. jo. No. 106/PDT/2017/PT. DKI   jo. No. 3272 K/Pdt/2017 untuk mengembalikan dana investasi sebesar 500 ribu dolar US tersebut kepada klien HPR berikut bunga sebesar 9% per tahun.

Terkait hadiah sayembara @Rp 5 juta yang sempat dilontarkan Hartono Tanuwidjaja untuk pemenang sayembara kategori pengirim Foto Pertama pada saat penangkapan buronan terpidana Dalton Tanonaka, Rabu (7/10/2020). 

"Info penangkapan Dalton Tanonaka jam 01.37 WIB, Rabu (7/10/2020)," kata Hartono sambil memperlihatkan struk transfer rekening ATM BCA kepada pemenang.