Minta PT 0 Persen, Upaya Rizal Ramli DKK Harus Didukung

Safari
Minta PT 0 Persen, Upaya Rizal Ramli DKK Harus Didukung
Rizal Ramli

Jakarta, HanTer--Aktivis Perhimpunan Masyarakat Madani (PRIMA) Sya'roni mengatakan, suara rakyat adalah suara Tuhan. Vox Populi Vox dei. Sehingga idealnya, tidak boleh ada yang menghalangi atau menghilangkan suara rakyat. Apalagi esensi demokrasi adalah penghargaan setinggi-tingginya terhadap suara rakyat. Namun selama era reformasi, kehendak politik telah mengebiri suara rakyat dalam skema "threshold".

Pengebirian tersebut, kata Sya’roni, dilakukan atas nama efektifitas jalannya pemerintahan. Suara rakyat diberangus atas nama kekuasaan politik.Demokrasi dibatasi oleh syahwat politik. Suara rakyat dikorbankan demi melanggengkan kekuasaan.

Adanya threshold telah memberangus ratusan juta suara rakyat dalam pemilu legislatif selama era reformasi. Rakyat juga hanya disuguhkan jumlah calon presiden dalam jumlah yang terbatas. Sebaiknya threshold dihapus saja baik untuk pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden dan kepala daerah.

“Toh, dengan penerapan threshold, dampaknya belum signifikan terhadap perbaikan kondisi bangsa.  Pengangguran dan kemiskinan masih membludak,” paparnya kepada Harian Terbit, Sabtu (3/10/2020).

Harus Didukung

Sya'roni pun meminta upaya ekonom Rizal Ramli yang ajukan JR PT 0 persen ke MK harus didukung. Karena langkah RR mengajukan JR ke MK adalah perjuangan politik untuk mengembalikan demokrasi pada relnya. Maka siapa pun yang mengaku sebagai pejuang demokrasi wajib mendukungnya. Sedangkan soal berpeluang menang atau tidak maka semuanya diserahkan kepada kebijaksanaan majelis hakim konstitusi.

Semua perjuangan tidak ada yang sia-sia. Terus berjuang sekuat tenaga untuk Indonesia yang lebih baik," tandasnya.