Din: Malik Fadjar Adalah Pejuang Muhammadiyah

Alee
Din: Malik Fadjar Adalah Pejuang Muhammadiyah

Jakarta, HanTer - Ketua Umum PP Muhammadiyah 2005-2010, 2010-2015, M Din Syamsuddin mengatakan almarhum Prof Abdul Malik Fadjar adalah pejuang Muhammadiyah. Sebagian besar hidupnya diabdikan dalam Persyarikatan Muhammadiyah, mulai dari bawah hingga menjadi salah seorang Ketua PP Muhammadiyah. 

“Selama di PP Muhammadiyah, almarhum sangat aktif. Pikiran-pikirannya banyak mewarnai langkah-langkah Muhammadiyah, khususnya dalam Bidang Pendidikan,” ujar Din di Jakarta, Senin (8/9/2020).

Menurut Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia ini, almarhum Abdul Malik Fadjar adalah pribadi akrab. Walaupun usianya di atas rata-rata anggota pimpinan yang lain, namun beliau menaruh takzim kepada yang lain, termasuk cukup menyantuni para aktifis muda.

Almarhum, lanjut Din,  adalah salah seorang kader/tokoh terbaik Muhammadiyah sehingga dapat "mewakili Muhammadiyah" dalam banyak jabatan politik  kenegaraan, sejak dari menjadi Menteri Agama, Mendiknas, Menko Kesra, dan terakhir sebagai Anggota Wantimpres.

“Kepergiannya ke hadirat Sang Pencipta adalah kehilangan besar bagi Muhammadiyah, dan tentu bagi umat Islam dan Bangsa Indonesia. Semoga segala kiprah dan perannya menjadi amal jariah bagi Almarhum.,” kata Din.
 
Inspirasi

Sementara itu, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas mengatakan almarhum Prof Abdul Malik Fadjar adalah inspirasi bagi para penggerak kampus Muhammadiyah dalam membangun pendidikan khususnya di perguruan tinggi.

"Saya berani berkata bahwa sebagian besar dari pendiri dan pengelola perguruan tinggi di lingkungan Muhammadiyah adalah banyak terinspirasi oleh karya agung dari beliau berupa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang beliau tinggalkan," kata Buya Anwar saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin.