Giring Siap Nyapres di 2024, Gerindra: Silahkan Bermimpi

Sammy
Giring Siap Nyapres di 2024, Gerindra: Silahkan Bermimpi

Jakarta, HanTer - Giring Ganesha Djumaryo atau Giring mengaku siap melawan Prabowo Subianto di Pilpres 2024.  Adapun Giring merupakan pelaksana tugas Ketua Umum PSI yang juga dikenal sebagai mantan vokalis Nidji. 

"Siap dong. Tapi prosesnya masih panjang," kata Giring saat menghadiri deklarasi dukungan PSI kepada bakal pasangan cawalkot dan cawawalkot Tangsel Muhamad-Saraswati, Kamis (3/9/2020).

Silahkan Bermimpi

Menyikapi hal itu, Politikus Gerindra Habiburokhman mempersilakan Giring untuk bermimpi. "Silahkan saja bermimpi, namanya juga anak muda," kata Habiburokhman di Jakarta, Kamis (3/9/2020).

Ia menduga, pengumuman dini dari Giring dimaksudkan untuk mencari popularitas politik. Menurutnya, meski yang bersangkutan cukup terkenal sebagai artis, tapi belum memiliki nama sebagai politikus. "Sebagai artis dia cukup terkenal, tapi sebagai politikus dia belum punya nama," ungkap Habiburokhman.

Sementara itu, pengamat politik dari Al-Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin menyebut Giring Ganesha sulit untuk menjadi peserta kontestasi Pilpres 2024. Menurutnya, syarat pencalonan maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) yaitu partai politik atau gabungan partai harus mengantongi 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional. 

"Jadi peluangnya masih nol," kata Ujang di Jakarta, Kamis (3/9/2020).

Diketahui, ambang batas pencalonan presiden atau presidential theshold tertuang dalam Pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. 

Pasal tersebut mengatur parpol atau gabungan parpol harus mengantongi 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional untuk bisa mengusung pasangan capres dan cawapres. 

Namun, ambang batas pencalonan presiden di UU Pemilu saat ini masih dilakukan pembahasan oleh Komisi II DPR bersama pemerintah. 

Ada partai menginginkan diturunkan dan ada partai yang tetap dipertahankan.  Di sisi lain, Ujang menyebut pengumuman Giring maju Pilpres 2024, hanya sebatas promosi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) agar dilihat masyarakat. 

"Itu juga bisa saja hanya gimmic politik PSI saja agar dapat pemberitaan luas karena PSI tahu, soal pencapresan akan menyedot pemberitaan yang banyak," papar Ujang. 

#Pilpres   #giring   #gerindra   #psi