WNI Tak Boleh Masuk Malaysia, Larang WNA dan TKA Masuk Indonesia

Safari
WNI Tak Boleh Masuk Malaysia, Larang WNA dan TKA Masuk Indonesia
Ilustrasi aktivitas di bandara (ist)

Jakarta, HanTer - Malaysia melarang masuk warga negara Indonesia (WNI) ke negaranya. Ini berlaku mulai 7 September 2020 nanti. Hal ini dilakukan kasus corona ke negeri jiran tersebut. Bukan hanya WNI, blokir juga berlaku untuk warga India dan Filipina. 

Menanggapi hal ini,  Ketua Umum Barisan Relawan Nusantara (Baranusa), Adi Kurniawan mendesak, pemerintah Indonesia membuat kebijakan yang sama terhadap warga negara asing, termasuk Malaysia dan tenaga kerja asing (TKA) masuk ke negeri ini. Hal ini untuk melindungi negara dan rakyatnya dari corona.

“Pemerintah Indonesia juga harus ikut tegas dengan WNA. Indonesia harus menerapkan juga seperti apa yang diterapkan negara negara lain terhadap WNI sehingga Indonesia akan dihormati negara lain. Utamakan 
kepentingan rakyat dan negara daripada investor, sehingga rakyat menjadi sejahtera," kata Adi Kurniawan kepada Harian Terbit, Rabu (2/9/2020).

Terkait larangan masuk sebuah negara karena pandemi Covid-19, menurut Adi, saat ini semua negara juga sedang melindungi sehingga melarang warga negara asing masuk ke negaranya.  “Jadi wajar saat ini masing-masing negara melarang ada warga asing masuk ke negaranya, karena saat ini sedang pandemi," ujar Adi.

Ancaman

Sementara itu Koordinator Gerakan Perubahan (Garpu) Muslim Arbi mengemukakan, terkait WNI menjadi ancaman bagi negara lain karena diduga terlibat jaringan teroris, Muslim menuturkan, bahwa isu teroris sering muncul di saat ada momen-momen tertentu. Sehingga WNI sering menjadi tertuduh. Selain itu isu-isu teroris juga muncul di saat tertentu. 

"Tiba -tiba muncul saja isu-isu teroris dan menjadi ancaman," paparnya.

Muslim meminta jangan mudah memunculkan isu-isu teroris. Karena akan semakin membuat suasana semakin tidak kondusif. Terkecuali ada desain untuk ciptakan ketidakstabilan. Karena September ini diprediksi resesi ekonomi terjadi. Sehingga isu teroris dimunculkan untuk meredam aksi protes atas situasi ekonomi yang memburuk. 

Muslim menilai, nampaknya asa skenario untuk meredam protes itu.  Rakyat sudah semakin cerdas tidak akan mudah termakan isu-isu teroris yang bisa saja dianggap sudah usang.

#Corona   #covid-19   #wni   #wna   #imigrasi