Ekonomi Ambruk, Pemerintah Tak Mampu Selesaikan Krisis, Rizal Ramli: PDIP Semakin Lama Semakin Lemah

Alee
Ekonomi Ambruk, Pemerintah Tak Mampu Selesaikan Krisis, Rizal Ramli: PDIP Semakin Lama Semakin Lemah

Jakarta, HanTer - Ekonom senior Rizal Ramli, mengkritik PDI Perjuangan karena tidak bisa menegur pemerintah soal kondisi resesi yang terjadi di Indonesia.

 

"Pada kesempatan ini saya ingin mengatakan kepada PDI-P, mengapa semakin lama semakin lemah.. kendor, padahal PDI-P adalah partai terbesar pendukung pemerintah saat ini. Masa gak bisa tegur pemerintah, melihat gaya kepemimpinan, kinerja para menteri yang sama sekali nyaris tak terlihat dan dirasakan oleh masyarakat dalam kondisi saat ini," kata Rizal dalam sebuah wawancara dengan stasiun tv swasta nasional, bersama sejumlah narasumber, dimana salah satunya adalah Hendrawan Supratikno dari PDI-P.

 

Pada kesempatan itu, Rizal menyatakan, bahwa Indonesia sudah menghadapi resesi. Namun, yang dilakukan pemerintah adalah membandingkan dengan kuartal tahun lalu. Hal ini menurutnya, tidak lazim seperti yang dilakukan oleh banyak pemerintahan di seluruh dunia.

 

"Ya, Indonesia sudah masuk resesi, tapi yang dilakukan tim ekonomi pemerintah membandingkan dengan kuartal tahun lalu. Ini sangat tidak lazim," jelasnya.

 

Selain itu, Rizal juga menyebut PDI-P seperti tak memiliki kemampuan dalam menyingkapi kondisi ini. Terlebih presiden Jokowi merupakan capres yang paling digusung oleh partai berlambang banteng itu. “Ini PDI-P kok makin lembek ya dengan kinerja ekonomi pemerintah, padahal dulu jaman SBY saya dengan teman-teman PDI-P  keras banget. Tapi saat ini, melihat pemerintah gak fokus, ekonomi merosot payah, masih mau ini.. mau itu.. semakin gak jelas, konsep penyelesaiannya juga coba-coba, PDI-P membleh (lemah-red) banget mas Hendrawan. Saya minta PDI-P ingetlah pada rakyat kecil, ini waktunya tegaslah” ketus Rizal.

 

Menurut Rizal, dengan kondisi lemah tersebut, mengakibatkan sejumlah partai pendukung pemerintah lainnya juga melakukan hal yang sama, yakni tidak ada penekanan terhadap pemerintah. “PDI-P membleh, jadi yang lainnya (parpol-red) juga ikut membleh!. sambung Rizal.

 

Sementara itu, Hendrawan Supratikno menyatakan sudah sangat keras dalam mengkritik pemerintah dalam rapat rapat di DPR.

 

Tapi, tentunya karena ini pemeirntahan yang kami dukung, kami menjalankannya dengan fatsun politik kami. Terimakasih untuk kritiknya, dan kami akan terus memonitor dan mengawasi program yang dikerjakan pemerintah,” ujar Hendrawan.