Karyawan Dengan Gaji Dibawah Rp5 Juta Dapat Bansos Rp600 Ribu/Bulan, Pemerintah Juga Berikan Subsidi Pulsa

Alee
Karyawan Dengan Gaji Dibawah Rp5 Juta Dapat Bansos Rp600 Ribu/Bulan, Pemerintah Juga Berikan Subsidi Pulsa

Jakarta, HanTer - Pegawai atau karyawan dengan gaji dibawah Rp5 juta per bulan akan diberi bantuan berupa uang tunai, yang menurut rencana Rp600 ribu per bulan.

Direktur Jendral Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan rencana itu masih harus dibahas. Namun rencana itu merupakan alternatif dalam membantu masyarakat kelas menengah. Rencananya, nominal bantuan yang akan diberikan pemerintah jumlahnya senilai Rp600.000 per bulan.

Uang tersebut nantinya akan diberikan kepada setiap pegawai selama 6 bulan lamanya. "Masih dibicarakan diinternal Penerintah unt berbagai alternatif kebijakan tambahan yang akan dilakukan," kata Askolani sast dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (5/8/2020).

Terpisah, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta akan mendapat bantuan sosial (bansos) dari pemerintah. “Pemerintah akan memberikan bansos untuk mereka dengan gaji di bawah Rp5 juta,” katanya dalam konferensi pers terkait KSSK di Jakarta, Rabu.

Sri Mulyani menyatakan penerima bansos itu akan mencapai 13 juta pekerja dengan anggaran yang disiapkan mencapai Rp31 triliun. “Sekarang sedang diidentifikasi targetnya yang diperkirakan bisa mencapai 13 juta. Nanti anggarannya kira-kira sekitar Rp31 triliun,” ujarnya.

Subsidi Pulsa

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin menyebut pemerintah sudah menyiapkan skema subsidi untuk pulsa internet bagi siswa yang tidak mampu atau yang layak dibantu.

“Itu sudah diputuskan. Tinggal teknis pelaksanaan saja," ujar Ma'ruf dalam rilis yang diterima, di Jakarta, Rabu dilansir Antara.

Terlebih sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah membolehkan apabila dana bantuan operasional sekolah (BOS) digunakan untuk membantu subsidi pulsa internet siswa kurang mampu tersebut.

Wapres RI menyampaikan hal itu, dalam forum rapat konsultasi bersama Pimpinan DPD RI yang berlangsung secara virtual.

#Bansos   #subsidi   #pekerja   #corona   #covid-19