Dicalonkan PDIP di Pilkada Solo, Gibran Susul Jejak Politik Jokowi

Ant
Dicalonkan PDIP di Pilkada Solo, Gibran Susul Jejak Politik Jokowi
Gibran Rakabuming Raka

Jakarta, HanTer - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka resmi mengantongi rekomendasi PDIP di Pilkada Solo. Pengusaha kuliner itu mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, karena telah direkomendasikan dirinya untuk maju sebagai calon Wali Kota Solo pada Pilkada 2020.

"Saya bersyukur dan menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri atas rekomendasi yang diamanahkan kepada saya untuk menjadi calon wali kota Surakarta yang diusung PDI-P pada Pilkada Kota Surakarta 2020," kata Gibran saat Pengumuman Tahap Kedua 45 Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Pilkada 2020 secara virtual di Jakarta, Jumat (17/7).

PDIP memasangkan Gibran dengan kader partai, Teguh Prakosa, yang juga Ketua DPRD Solo periode 2014-2019.

Rekomendasi tersebut, kata Gibran, merupakan kehormatan dan juga tanggung jawab untuk memenangkan Pilkada 2020.

Setelah menerima rekomendasi itu, diirinya dan Teguh akan segera berkomunikasi intensif, koordinasi, dan konsolidasi ke jajaran internal DPC, anak cabang, dan tingkat ranting PDI-P di Solo. Hal ini sesuai yang diarahkan Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo.

Gibran pun mengucapkan terima kasih kepada Rudy yang telah membantunya dalam proses pendaftaran ke DPP PDIP.

"Dalam kesempatan yang berbahagia ini perkenankan saya untuk berterima kasih kepada Pak Rudy dan Pak Bambang (Wuryanto) yang telah membantu dan mengarahkan saya dalam berproses, mulai dari pendaftaran hingga mendapatkan rekomendasi," kata Gibran dikutip Antara.

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan, turunnya rekomendasi ini menjadi momentum konsolidasi dan pemenangan PDIP Solo.

"Agar kita bisa mendudukkan kembali kader terbaiknya untuk memimpin kota yang kita cintai," tuturnya.

Gibran mengajak agar Pilkada 2020 tidak sekadar menjadi proses politik dan demokrasi. Namun, sekaligus menjadi ajang gotong royong membantu masyarakat yang terdampak pandemik COVID-19.

Sebelumnya, PDI-P resmi mengusung Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa sebagai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo pada Pilkada 2020.

"Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dengan Teguh Prakosa," kata Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dalam acara yang sama.

Selain itu, Puan juga mengumumkan 43 calon kepala daerah dan wakil kepala daerah lainnya.

Hadir dalam pengumuman 45 calon kepala daerah, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Sekjen PDI P Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDI P Puan Maharani, politisi senior PDIP Pramono Anung dan lainnya.