Anggota Komisi VI Golkar Tak Yakin Ahok Mampu Pimpin Kementerian BUMN

Danial
Anggota Komisi VI Golkar Tak Yakin Ahok Mampu Pimpin Kementerian BUMN
Anggota Komisi VI DPR RI Mukhtarudin

Jakarta, HanTer - Politisi Partai Golkar Mukhtarudin ikut bersuara terkait isu Menteri BUMN Erick Thohir yang akan diganti oleh Basuki T Purnama (Ahok). Anggota Komisi VI DPR ini tak yakin Ahok mampu pimpin Kementerian BUMN yang membawahi ratusan perusahaan plat merah tersebut.

"Ahok belum terlihat track record-nya sebagai pemimpin sebuah corporate, atau punya bisnis yang besar. Saya tidak begitu yakin Ahok bisa pimpin BUMN," kata Mukhtarudin kepada wartawan di Jakarta, Minggu (5/7/2020).

Secara objektif, Anggota DPR dari Dapil Kalimantan Tengah ini melihat Erick Thohir punya semangat dan kemampuan untuk membenahi BUMN.

"Terbukti, Erick bisa lakukan restruktur BUMN. Dibanding Menteri BUMN sebelumnya, Erick lebih bagus dalam konteks pembenahan BUMN. Erick punya spirit itu," ucap Mukhtarudin.

Menurutnya, kemampuan itu penting dimiliki seorang menteri BUMN. Karena, karakteristik BUMN sebagai sebuah corparate, jadi harus dipimpin sosok yang punya jiwa entrepreneur dan pengalaman corporate juga.

"Sosok Menteri BUMN itu harus punya kemampuan manajerial dan komunikasi yang bagus. Kooperatif dan menjadi jembatan bagi semua kepentingan; kepentingan negara, masyarakat, dan dunia usaha, tapi tetap tegakkan prinsip bagaimana BUMN bisa untung," paparnya.

Mukhtarudin pun berharap Presiden Joko Widodo mempertahankan posisi Erick sebagai Menteri BUMN. Tapi, kalau Jokowi memutuskan hal lain, menurutnya, hal tersebut merupakan hak prerogatif Presiden

"Pergantian kabinet itu hak prerogatif presiden. Walaupun secara objektif Erick mampu dan punya spirit membenahi BUMN, tapi kalau Presiden putuskan berbeda, tetap harus kita hormati. Saya berharap, dan masih yakin Erick tetap di BUMN," pungkasnya.

#DPR   #BUMN