Kinerja Presiden Jokowi Amburadul Lantaran Menteri Kinerja Buruk

Danial
Kinerja Presiden Jokowi Amburadul Lantaran Menteri Kinerja Buruk
Ngasiman Djoyonegoro

Jakarta, HanTer - Kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) oleh berbagai kalangan masih dinilai amburadul, dimana hal ini diduga lantaran para Menteri yang diberi kepercayaan tidak bekerja maksimal, dan belum ada prestasi guna kesejahteraan rakyat.

Para Menteri seolah hanya sebagai pelengkap suatu sistem birokrasi, tanpa adanya berbagai inovasi atau gebrakan yang mampu menghadirkan suatu proses perubahan positif, sehingga bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Maka tidak berlebihan apabila muncul desakan agar Jokowi mengganti Menteri, yang mungkin hanya lebih banyak tidur dan santai, sementara rakyat menjadi sapi perah untuk menggaji para Menteri yang memang tidak berguna.

Akademisi Ngasiman Djoyonegoro, mengatakan mengganti Menteri sudah pasti adalah keputusan mutlak dari Presiden Jokowi.

"Tentu soal perombakan kabinet itu hak prerogatif Presiden," ujar Ngasiman Djoyonegoro kepada wartawan di Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Pengamat Intelijen, Pertahanan dan Keamanan, ini menjelaskan tentunya publik mengharapkan Menteri yang penuh inovasi, mampu menekan pengeluaran berbagai anggaran negara, sehingga bisa berhemat atau untuk bagaimana agar anggaran yang belum begitu diperlukan, digunakan untuk memenuhi kelengkapan alutsista dalam ketahanan negara.

Hanya saja terkait pentingnya mengganti Menteri yang tak banyak mampu memberi manfaat untuk masyarakat, tentunya oleh Presiden Jokowi ada pandangan tersendiri.

"Ada survei penilaian publik, namun tentu Pak Presiden juga punya mekanisme penilaian sendiri. Karena yang rilis dari Arus Survei Indonesia kan ada sekitar enam (Menteri), tentu kembali ke Bapak Presiden," pungkas Ngasiman.