Tersangkut Kasus Korupsi, Ribuan Pejabat Ditangkap

Safari
Tersangkut Kasus Korupsi, Ribuan Pejabat Ditangkap
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (ist)

Jakarta, HanTer - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengungkap ada 1.152 pejabat yang dijerat KPK. Penangkapan ribuan pejabat yang tersangkut korupsi itu dilakukan KPK sepanjang 2004 - 2019. Ribuan pejabat yang ditangkap juga berasal 10 wilayah atau daerah yang paling banyak terjadi kasus korupsi. RKasus korupsi paling banyak terjadi di pemerintah pusat sebanyak 359 kasus.

"Kita lihat daerah-daerah mana saja yang yang paling banyak korupsinya kabupaten kota. Supaya kita bisa lihat daerah mana saja yang sering rentan terjadi korupsi," kata Firli dalam diskusi daring yang diikuti seluruh gubernur se-Indonesia yang disiarkan YouTube KPK RI, Rabu (24/6/2020).

Firli memaparkan sepuluh wilayah atau daerah yang paling banyak terjadi korupsi sepanjang 2004-2019. Sepuluh wilayah atau daerah tersebut yakni, Pemerintah Pusat sebanyak 359 kasus; Jawa Barat sebanyak 101 kasus; Jawa Timur sebanyak 85 kasus; Sumatera Utara sebanyak 64 kasus;  DKI Jakarta sebanyak 61 kasus; Riau dan Kepulauan Riau sebanyak 51 kasus;Jawa Tengah sebanyak 49 kasus; Lampung sebanyak 30 kasus; Banten sebanyak 24 kasus; Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Bengkulu, Papua sebanyak 22 kasus.

Jualan Statement

Terpisah, Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menilai, pengungkapan 1.152 pejabat yang dijerat KPK sepanjang 2004 - 2019 menunjukan Ketua KPK Firli Bahuri sedang melakukan stand up comedy. Karena memang lucu Ketua KPK dari kepolisian ini. Apalagi selama KPK dipimpin Firli Bahuri bersama komisioner lainnya tidak ada prestasinya. Tidak heran Firli cs malah mengungkap  kasus korupsi sepanjang 2004-2019.  

"Ini menunjukkan KPK sangat masif dalam pemberantasan korupsi, khususnya OTT (Operasi Tangkap Tangan). Sekarang apa yang dibanggakan oleh Firli bersama kawan kawan lain sama sekali tidak ada," tandasnya.

#KPK   #korupsi   #pejabat