Sejumlah Ormas `Serbu` Gedung Sate Tolak RUU HIP

Oni
Sejumlah Ormas `Serbu` Gedung Sate Tolak RUU HIP
Aksi demo menolak RUU HIP di degan Gedung Sate, Bandung

Jakarta, HanTer - Sejumlah massa dari berbagai Ormas di Kota Bandung melakukan aksi demo meminta agar pemerintah membatalkan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP), di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (24/6/2020).

Beberapa peserta membentangkan spanduk-spanduk bertuliskan penolakan terhadap HIP. Salah satunya "Basmi Komunisme dari NKRI".

Neneng Khodijah, korlap Ormas PRAMBOS (Pergerakan Rakyat Militan Barisan Oposisi) menyampaikan, jika DPR-RI tidak segera membatalkan RUU HIP tersebut, jutaan masyarakat Jawa Barat siap mengepung DPR-RI ke Jakarta.

"Segera batalkan RUU yang membuat bangsa Indonesia terpecah dan basmi Paham Komunisme dari bumi NKRI, sesuai amanat Tap MPR no 25/66 dan beberapa UU yang menyatakan PKI dan ajaran Komunisme serta Kapitalisme terlarang dibumi Indonesia," ujar Neneng dalam keterangan tertulisnya.

RUU HIP yang merupakan usulan DPR itu menuai kontroversi publik. RUU HIP menjadi polemik karena terdapat muatan trisila, yaitu sosio-nasionalisme, sosio-demokrasi, serta ketuhanan yang berkebudayaan, dan ekasila, yaitu gotong royong. RUU HIP juga menyulut kontroversi karena tidak menyertakan Tap MPRS mengenai pembubaran PKI dalam konsideran di draf RUU tersebut.

Tap MPRS mengenai pembubaran PKI itu bernama lengkap Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara Republik Indonesia Nomor XXV/MPRS/1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia, Pernyataan sebagai Organisasi Terlarang di Seluruh Wilayah Negara, dan Larangan Setiap Kegiatan untuk Menyebarkan atau Mengembangkan Faham atau Ajaran Komunis/Marxisme-Leninisme.

#Demo   #ruu   #hip   #bandung