Ya Ampun, 19 Warga Sulteng Terinfeksi Covid-19

Hermansyah
Ya Ampun, 19 Warga Sulteng Terinfeksi Covid-19
Ilustrasi virus Corona

Palu, HanTer -  Per 11 April 2020, warga Sulawesi Tengah yang terinfeksi virus corona atau Covid-19 terkonfirmasi mencapai 19 orang. Hal itu seperti diungkapkan juru bicara Pusat Datan dan Informasi Bencana Covid-19 Pemprov Sulteng, Muhammad Haris Kariming di Palu, Sabtu sore.

"Hari ini bertambah lima warga yang positif terinfeksi COVID-19 sehingga totalnya menjadi 19 orang dan sudah sesuai dengan rilis data Gugus COVID-19 Nasional," kata Muhammad Haris Kariming, seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut, Muhammad Haris juga menjelaskan kelima orang tersebut merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 yang tersebar di sejumlah daerah di Sulteng dan berdasarkan hasil tes swab pertama di Laboratorium Kementerian Kesehatan RI Regional Makassar, mereka positif terinfeksi.

"Satu PDP rujukan dari RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Morowali, Kabupaten Morowali yang di rawat di RSUD Undata, Kota Palu," tambah Muhammad Haris.

Kemudian, lanjutnya, merupakan PDP rujukan dari RS Buol di Kabupaten Buol yang dirawat di RSUD Mokopido Kabupaten Tolitoli, tiga PDP dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Kota Palu.

Menurut Haris, bertambahnya warga Sulteng yang terinfeksi COVID-19 tidak lepas dari masih kurang disiplinnya masyarakat untuk membantu pemerintah daerah dalam memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus tersebut.

"Masih kurang disiplin masyarakat Sulteng berpartisipasi dalam penanganan COVID-19 sehingga pemerintah daerah bersama TNI Polri harus lebih tegas agar mematuhi imbauan pemerintah seperti social distancing," terangnya.

Ia berharap masyarakat lebih disiplin melaksanakan social distancing, menggunakan masker, menerapkan pol hidup bersih dan sehat serta tetap di rumah saja.