Kajati Papua Barat Dorong Sidang Via Vicon Terus Digelar

zamzam
Kajati Papua  Barat Dorong Sidang Via Vicon Terus Digelar


Jakarta, HanTer - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua Barat (Pabar) Yusuf mengapresiasi kepatuhan jajarannya untuk menggelar persidangan melalui Video Conference (Vicon) guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 atau virus Corona.

"Tentunya kita berterima kasih kepada pada Kajari se-Papua Barat, yang telah dengan baik mengelar sidang secara online sehingga partisipasi Kejaksaan terkait COVID-19 benar-benar optimal sebagaimana arahan pak Jaksa Agung," ujar Yusuf kepada Harian Terbit, Kamis (2/4/2020).

Sebelumnya sekitar pukul 10.00 WIT, di Pengadilan Negeri Kaimana telah berlangsung persidangan secara online menggunakan aplikasi Zoom, atas kasus persetubuhan. Perkara ini ditangani Kejari Kaimana.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak Pengadilan Kaimana, serta Kalapas Kaimana untuk pelaksanaan sidang secara online ini. Ini sesuai surat edaran MA," ujar Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kaimana, Willy Ater dikutip Kumparan.

Sidang secara online i dihadiri oleh perangkat sidang mulai dari Majelis Hakim, Jaksa dan Pengacara dan tetap berada di ruang sidang Pengadilan Kaimana.

Menurut Willy pelaksanaan sidang secara online, sedikit berbeda dari sidang biasanya. Yakni terdakwa tidak dihadirkan ke ruang sidang sebagaimana mestinya. Akan tetapi terdakwa, hanya memantau jalannya sidang di Lapas, melalui video conference.

Selain itu menurutnya, sesuai surat edaran MA jika keadaan belum dinyatakan pulih dari Corona. Maka ke depan pelaksanaan sidang akan tetap dilakukan secara online.

"Sidang online ini mungkin pertama kali bagi kami di Kaimana, dan kami akan kembali melaksanakan sidang pada hari Senin pekan depan secara online. Selain itu juga besok kami akan menyerahkan tersangka, dan barang bukti (Tahap II) dari penyidik Polres Kaimana secara Video Conference," jelasnya. 

#Kajati   #Papua   #Barat