Ketum PAN: Pemerintah Harus Bantu Warga Terdampak COVID-19

danial
Ketum PAN: Pemerintah Harus Bantu Warga Terdampak COVID-19

Jakarta, HanTer - Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan meminta pemerintah, untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak penyebaran COVID-19, salah satunya dengan langkah merelokasi anggaran negara.

"Anggaran pemerintah bisa direlokasi, dengan bantuan langsung kepada pihak-pihak yang di rumah tidak bekerja karena dampak COVID-19," kata Zulkifli saat konferensi pers di DPP PAN, Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Dia mengatakan, kalau ada satu warung dengan mempekerjakan 10 orang, lalu toko tersebut tutup, bagaimana warung tersebut bisa membayar gaji karyawannya.

Zulkifli mencontohkan anggaran membangun infrastruktur penting dilakukan, namun saat ini lebih baik dihentikan dulu karena yang utama adalah bagaimana masyarakat Indonesia bisa sehat dan tercukupi kebutuhan makannya.

"Pembangunan infrastruktur itu dihentikan dahulu karena yang penting adalah orang bisa makan dan sehat dahulu," katanya.

Wakil Ketua MPR RI itu menilai penanganan penyebaran pandemi COVID-19 sangat terlambat, sehingga cara penangannya saat ini kurang tepat namun hal tersebut tidak perlu dipersoalkan apalagi menjadi polemik.

Karena itu dia mengajak semua partai politik bersama-sama menyelesaikan persoalan COVID-19, karena kalau terus saling menyalahkan maka tidak akan bisa menyelesaikan persoalan.

"Jangan sampai keterlambatan ini membuat bencana lebih besar lagi, harus cepat dan tanggap. Karena yang paling penting adalah relokasi anggaran agar membantu masyarakat," ujarnya.

Dia juga menghimbau masyarakat untuk bekerja dari rumah dan melaksanakan "social distancing" dan "Physical Distancing" sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Zulkifli juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu, saling menguatkan, saling mendukung dan saling mendoakan antar-sesama agar persoalan COVID-19 bisa segera teratasi.
 

#Ketum   #PAN