Pemerintah: COVID-19 sudah terkendali April 2020

Anu
Pemerintah: COVID-19 sudah terkendali April 2020
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto

Jakarta, HanTer - Hasil dari penanganan virus Corona penyebab COVID-19 akan mulai bisa terlihat hasilnya pada April 2020. Dengan kata lain, pemerintah optimis dapat kendalikan virus corona di bulan April.

"Setelah dilaksanakan kegiatan bersama dengan masyarakat, diharapkan pada April kita sudah bisa melihat hasilnya dan kita berharap ini sudah mulai terkendali," kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto dalam jumpa pers yang diadakan di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (18/3).

Yuri mengatakan dalam beberapa hari terakhir memang terjadi akselerasi jumlah positif virus Corona dan COVID-19. Itu merupakan hal yang lazim sebagaimana terjadi di negara-negara lain.

Menurut dia, jumlah positif COVID-19 akan semakin bertambah, tetapi dia memperkirakan hal itu tidak akan terjadi dalam waktu yang relatif lama.

"Akselerasi kenaikan itu terjadi kita semakin intensif melakukan contact tracing sehingga menemukan semakin banyak kasus. Di sisi lain, masyarakat juga semakin peduli dan mau diperiksa," tuturnya.

Hal itu, kata Yuri menjadi tantangan bagi Indonesia untuk menyiapkan sarana dan prasarana untuk penanganan virus Corona yang lebih baik.

"Agar tidak terjadi celah antara sarana dan prasaran dengan jumlah kasus yang bisa menjadi masalah kemudian," katanya.

Dalam jumpa pers tersebut, Yuri juga mengatakan bahwa pemerintah sedang menyiapkan tes cepat untuk mendeteksi penularan virus Corona.

Tes cepat tersebut bisa mendeteksi virus Corona pada seseorang yang telah terinfeksi selama tujuh hari dengan menggunakan sampel serum darah.