Krisis dan Kepemimpinan Lemah, Indonesia Disebut Tanpa Pemimpin?

Harian Terbit/Alee
Krisis dan Kepemimpinan Lemah, Indonesia Disebut Tanpa Pemimpin?

Jakarta, HanTer - Pernyataan tokoh senior Jawa Barat, TjeTje Hidayat Padmawinata yang menyatakan Indonesia hari ini ‘A Nation without a Leader’ (Negara Tanpa Pemimpin, Krisis Kenegarawanan) dibenarkan pemerhati kebijakan publik, Syafril Sjofyan.

“Negara saat ini krisis kenegarawanan seakan akan tanpa pemimpin. Dalam keadaan krisis terlihat kualitas kepemimpinan yang sangat lemah dan amburadul,” kata Sjafril, aktivis 77/78 ini kepada Harian Terbit.

Menurut Sjafril, Indonesia hari ini ‘A Nation without a Leader’, terlihat begitu bebasnya TKA masuk dari Indonesia khususnya dari China, karena para pemodal tidak peduli dengan anyaman nyawa rakyat Indonesia dengan merebaknya virus Covid- 19 asal China, sementara negara lain menutup pintu pelabuhan.

Tokoh Nasional

Sebelumnya mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli baru-baru ini bertemu dengan tokoh senior Jawa Barat, TjeTje Hidayat Padmawinata. Rizal lantas membagikan petuah dari sang tokoh senior tersebut mengenai kondisi Indonesia saat ini. 

"Menurut Kang TjeTje Hidayat Padmawinata, Tokoh Senior Jawa Barat, “Indonesia hari ini ‘A Nation without a Leader’, Krisis Kenegarawanan”. Wah in tondo2," tulis Rizal Ramli melalui akun Twitternya, @RamliRizal, dikutip VIVAnews, Minggu, 15 Maret 2020. 

Dalam unggahan yang lain, Rizal mengungkapkan petuah dari TjeTje Hidayat Padmadibata. Sang tokoh menyebut Indonesia hari ini juga merupakan negara polisi. 

"Menurut Kang TjeTje Hidayat Padmadibata, Tokoh Senior Jawa Barat, “Indonesia hari ini ‘A Police State - état policier”. Wah kok jadi gini?" tulis Rizal lagi.