UI Buat Ratusan Liter Hand Sanitizer Yang Dibagikan Secara Gratis

Oni
UI Buat Ratusan Liter Hand Sanitizer Yang Dibagikan Secara Gratis
Ilustrasi (ist)

Jakarta, HanTer - Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) memproduksi hand sanitizer yang akan dibagikan secara gratis dengan kuota 100 per hari.

Kepala Departemen Kimia Kedokteran FKUI Dr. Ade Arsianti, mengatakan, hand sanitizer tersebut dibagikan secara gratis yang bisa didapatkan mulai Senin (16/3/2020) kemarin, hingga satu minggu ke depan.

Nantinya ratusan cairan khusus pencuci tangan itu bakal diserahkan kepada para donatur dan agar membagikannya ke sejumlah rumah sakit, klinik, kantor hingga sejumlah sekolah.

Produksi hand sanitizer yang dilakukan FKUI di laboratorium Departemen Kimia FKUI kampus Salemba ini dilakukan sebagai langkah pencegahan wabah Corona atau COVID-19. Selain itu, ini merupakan bentuk inisiasi atas langkanya keberadaan produk tersebut di pasaran.

Selain diberikan secara gratis, UI juga memproduksi hand sanitizer yang dijual dengan harga Rp 5.000 untuk setiap botol berisi 100 ml. dimana biaya itu untuk mengganti bahan pembuatan beserta kemasannya. "Niat kami hanya membantu, kami enggak ambil untung sama sekali," ujarnya.

Dia menjelaskan, total produksi untuk Minggu ini mencapai 420 liter dan jumlahnya masih akan terus meningkat seiring banyaknya permintaan.

Ade menjelaskan, pihaknya telah membagikan hand sanitizer secara gratis bagi masyarakat umum dengan ketentuan pengambilan secara mandiri ke kantor kami di UI Salemba dengan persediaan terbatas sebanyak 100 botol per hari sampai hari Jumat.