Angka Sebaran Virus Corona Masih Nihil

Pemkot Surabaya Lakukan Berbagai Langkah Antisipatif

Sammy
Pemkot Surabaya Lakukan Berbagai Langkah Antisipatif
Tri Rismaharini (ist)

Jakarta, HanTer - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memimpin langsung usaha pencegahan penyebaran virus Corona melalui sejumlah sosialisasi di tengah masyarakat.

Adapun salah satu sosialisasi yang dilakukan, adalah dengan mengajak masyarakat rutin mencuci tangan pasca beraktivitas. Selain sosialisasi, Risma rupanya juga telah menyiapkan langkah antisipasi dari jauh-jauh hari.

Salah satu langkah antisipasi pemerintah kota Surabaya dengan menyiapkan ratusan ribu masker bagi warganya. Di saat pemerintah daerah lain kesulitan dalam mengontrol gejolak harga dan persediaan masker, kebijakan Risma menyimpan persediaan masker malah membuat stok di Surabaya aman.

"Sebetulnya saat itu saya minta Dinas Kesehatan untuk menyimpan persediaan masker. Sekarang di kelurahan nyimpennya. Jadi bukan terus aku nimbun. Jadi sudah dibagi ke kelurahan. Nanti boleh dicek di kelurahan, cek di Puskesmas," ungkap Risma, Sabtu (14/3/2020).

Sejatinya, Risma mempersiapkan masker-masker itu untuk mengantisipasi jikalau ada bencana letusan gunung Kelud. Namun, ternyata langkah antisipatif itu sangat berguna untuk pencegahan Corona saat ini.

Langkah cermat dan penuh antisipatif dari Risma berkebalikan dengan apa yang terjadi di DKI. Di daerah yang menjadi Ibu kota provinsi, pemangku kepentingannya sejak awal tidak memiliki banyak persiapan dalam mengantisipasi kelangkaan masker dan alat kebersihan.

Akibatnya, hingga kini kedua alat yang berguna bagi pencegahan virus Corona masih langka dan harganya pun mahal di pasaran Jakarta.

Karena langkah antisipatif dari Pemerintah Kota Surabaya, angka penyebaran virus Corona hingga pekan ini masih nihil.