Ciptakan SDM Indonesia Unggul Dispsiad Kolaborasi dengan Fakultas Psikologi UNPAD dan UNJANI

Safari
Ciptakan SDM Indonesia Unggul Dispsiad Kolaborasi dengan Fakultas Psikologi UNPAD dan UNJANI

Jakarta, HanTer - Guna menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks dan menyiapkan SDM yang potensial dan memiliki competitive advantages, Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Kadispsiad) Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA., MHRMC  melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja sama (PKS) dengan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran yang diwakili Dekan Fakpsi Unpad, Prof. Dr. Hj. Hendriati Agustiani, M.Si, dan Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani yang diwakili oleh Dekan Fakpsi Unjani, Brigjen TNI (Purn) Dr. Arief Budiarto, DESS, bertempat di Markas Dispsiad, Bandung, Kamis (5/3/2020).

 

Dijelaskan oleh Kadispsiad bahwa untuk memenuhi tuntutan tugas dan menciptakan SDM yang unggul, Dispsiad perlu bermitra dengan organisasi lainnya. “The best collaborations create something bigger than the sum of what each organization/person can create on their own",ujar Eri mengutip sebuah ungkapan.

 

Ungkapan tersebut, menurut Eri telah mendorong Dispsiad untuk melakukan kerja sama dan kolaborasi profesi dengan lembaga pendidikan guna meningkatkan kemampuan dan kualitas profesionalisme personel Dispsiad melalui penandatanganan PKS.

 

Ditambahkan oleh Eri, bahwa PKS tersebut berdasarkan Surat Perintah Kasad Nomor Sprin/5329/XII/2019 tanggal 28 Desember 2019.

 

"PKS tersebut menjadi dasar untuk melaksanakan Perjanjian Kerja Sama antara ketiga instansi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat," ujar  Eri.

 

Penentuan Fakultas Psikologi Unpad dan Unjani sebagai mitra kerja sama, sambung Eri sudah melalui pertimbangan yang sangat mendalam, mengingat Dispsiad memiliki hubungan emosional dan sejarah yang kental dengan kedua Fakultas yang dilahirkan oleh Dispsiad tersebut.

 

"Kerja sama dalam bidang pendidikan dengan kedua fakultas tersebut dapat meningkatkan kualitas SDM personel Dispsiad melalui pendidikan S1, S2, maupun S3 di Fakultas Psikologi Unpad, serta pembentukan program studi psikologi militer di Unjani dalam rangka memenuhi kebutuhan Dispsiad akan tenaga Psikolog, ahli psikometri maupun peneliti psikologi yang andal," imbuh Eri.

 

Untuk itu, Kadispsiad berharap melalui kerja sama dalam bidang penelitian tersebut, akan dapat menciptakan kolaborasi yang bermanfaat baik  bagi kedua belah pihak.

 

"Sebagai contoh,  penelitian tentang parenting  di kalangan prajurit, akan menjadi fokus penelitian bersama, mengingat salah satu tugas pokok Dispsiad adalah memberikan dukungan perawatan psikologi bagi prajurit dan keluarganya," ungkap Eri.

 

Hal lain yang disepakati dalam kerja sama ini, sambung Eri adalah terkait peluang bagi para mahasiswa Fakultas Psikologi dari Unpad dan Unjani untuk melakukan magang di Dispsiad. Kegiatan tersebut diharapkan akan bermanfaat untuk menambah wawasan tentang peran dan fungsi psikologi di dunia militer bagi para mahasiswa, serta dapat mengenalkan kepada para Mahasiswa S1 maupun S2 Unpad dan Unjani tentang peluang karier sebagai Perwira Psikologi.

 

"Selain itu, kerja sama ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat untuk Dispsiad, Unpad dan Unjani saja, namun juga dapat menjadi awal dari kerja sama dan kolaborasi untuk pengembangan SDM unggul di Indonesia dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju pada tahun 2045," pungkasnya.