Survei Median Soal Capres 2024: Anies Dipilih Karena Religius, Dekat Ulama dan Tutur Kata Bagus

Sammy
Survei Median Soal Capres 2024: Anies Dipilih Karena Religius, Dekat Ulama dan Tutur Kata Bagus

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut sebagai salah satu nama yang menonjol dalam survei Pilpres 2024 dari Lembaga Survei Median. Alasan publik menyukai Anies adalah dinilai religius dan dekat dengan ulama serta memiliki tutur kata yang bagus.

"Jadi ini yang agak unik Anies Baswedan, orang memilih dia ini itu bukan karena faktor kinerja, tapi yang paling besar orang mengatakan bahwa Pak Anies Baswedan ini religius atau dekat dengan ulama," kata Direktur Median Rico Marbun di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

Dirinya menilai, Anies selama ini dekat dengan gerakan 212 dan faktor itu menempel kuat pada Anies. Selain itu, Anies disukai publik karena tutur katanya bagus.

"Mungkin selama ini dekat dengan gerakan 212, sejarahnya waktu terpilih di 2017. Jadi faktor itu agak kuat menempel di Pak Anies Baswedan," ujar Rico.

Yang kedua, lanjut dia, tutur kata, gaya bahasa serta cara penyampaian Anies menarik perhatian masyarakat.

"Dan kalau faktor kinerja sebenarnya belum menjadi alasan utama orang memilih Anies Baswedan, begitu," imbuhnya.

6 Tokoh

Selain itu, Median menanyakan alasan publik memilih tokoh lain menjadi capres. Diketahui, lima besar capres berdasarkan survei Median adalah Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ridwan Kamil.

"Empat besar alasan publik memilih Prabowo Subianto. Tegas 34 persen, berwibawa 12,1 persen, berani 4,4 persen, mampu memimpin 4,4 persen," ujarnya.

Survei Median tersebut dilaksanakan pada pekan pertama dan kedua Februari 2020. Ada 1.200 responden dalam survei yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei sebesar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Median menanyakan alasan responden memilih sejumlah tokoh untuk menjadi capres 2024 melalui pertanyaan terbuka, termasuk Anies Baswedan. Berdasarkan hasil survei, Anies dipilih responden karena dekat dengan ulama.

Tinggal Beri Bukti

Disisi lain, menjadi sosok paling potensial mengisi kursi RI satu sesuai dengan hasil beberapa survei, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai tinggal memberi bukti melalui kinerja menyelesaikan beragam masalah Ibukota.

Menurut Direktur Arus Survei Indonesia, Ali Rifan, Anies tinggal membenahi kota Jakarta sampai sisa periodenya pada 2022 mendatang.

"Kalau berhasil, akan mudah merebut kursi presiden RI. Mengapa? Karena Anies akan punya rekam jejak kepmimpinan yang baik," kata Ali Rifan di Jakarta, Senin (24/2/2020).

Saat ini, khususnya masyarakat Ibukota sudah cerdas. Publik, kata Ali Rifan, hanya perlu melihat hasil kerja gubernur tanpa harus melihat karakteristik gaya kepemimpinannya.

"Masyarakat saat ini sudah cerdas, ndak bisa di-bluffing, setiap pemimpin sukses kan harus ada indikator, karena indikator itu enggak bisa dibantah. Di Jakarta,kalau bisa menunjukkan secara statistik (keberhasilan), itu jadi cerminan keberhasilan Anies," tandasnya.