Gerindra Beri Sinyal Kuat Dukung Azizah, PAN Menunggu

Safari
Gerindra Beri Sinyal Kuat Dukung Azizah, PAN Menunggu

Tangsel, HanTer - Konstelasi politik di Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel), Banten semakin dinamis. Partai politik pun mulai mengerucutkan pilihan untuk  kandidat calon wali kota yang akan diusung.

 

Dari sejumlah nama yang beredar, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mulai melirik Siti Nur Azizah. Puteri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin itu dinilai kandidat paling serius.

 

Penilaian itu disampaikan Sekretaris DPD Gerindra Banten, Andra Soni. Azizah juga dinilai Andra intens melakukan komunikasi dan tak pernah absen disetiap tahapan penjaringan yang dilakukan Gerindra.

 

"Saat ini tahapan sudah masuk wilayah DPD dan nama Ibu Siti Nur Azizah salah satu kandidat yang kita nilai tingkat keseriusannya mengikuti tahapan di atas rata-rata," kata Andra Soni, Senin (17/2/2020).

 

Sebelumnya, sinyal dukungan Gerindra pada Azizah telah tampak saat DPD Gerindra Banten mengundang Siti Nur Azizah menjadi narasumber diskusi publik di kantor DPD Gerindra beberapa hari lalu.

 

Andra juga tidak membantah bila Gerindra memiliki kesamaan visi dengan Siti Nur Azizah. Menurutnya, dari beberapa nama bakal calon walikota dan wakil walikota Tangsel yang telah mendaftar ke Gerindra, Siti merupakan salah satu bakal calon walikota yang paling serius menyiapkan visi-misi Tangsel ke depan, meskipun ia bukan kader Gerindra.

 

“Proses penjaringan masih panjang, tapi kalau masyarakat jeli, sikap Gerindra akan condong ke sosok mana untuk Pilkada Tangsel sudah bisa diprediksi. Sebab, DPD tidak mungkin mengundang bakal calon menjadi narasumber diskusi tanpa alasan,” kata Andra kepada awak media di Gedung DPRD Banten, Rabu (12/2/2020) lalu.

 

Saat ini, kata Andra, Gerindra masih akan melakukan tahapan penjaringan calon kepala daerah. Instrumen lain yang digunakan Gerindra untuk memilih kandidat adalah survei.

 

Gerindra masih butuh 2 kursi DPRD Tangsel untuk mencapai 10 kursi yang menjadi syarat mengusung calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Tangsel.

 

“Rekomendasi tentu perlu diselaraskan dengan mitra-mitra koalisi nanti dengan siapa nomor 1 dan siapa nomor 2 dan banyak faktor lain. Masih dinamis dan masih cair walau kisi-kisi mulai tampak,” katanya.

 

Sementara Partai Amanat Nasional (PAN) yang memiliki dua kursi di DPRD Tangsel menunggu keputusan Gerindra.

“Kami menunggu surat (dukungan) dari Gerindra keluar,” ujar Sekretaris DPD PAN Tangsel Eko Syurahman saat dikonfirmasi, Sabtu (15/2/2020).

 

PAN yang bergabung menjadi satu fraksi di DPRD Tangsel itu juga mengisyaratkan akan mengikuti keputusan politik Gerindra jika mengusung Azizah. “Insyaallah, hal itu sangat besar,” pungkas Eko.