Survei Indo Barometer: Prabowo Menteri Berkinerja Baik dan Paling Dikenal Publik

Sammy/Danial
Survei Indo Barometer: Prabowo Menteri Berkinerja Baik dan Paling Dikenal Publik

Jakarta, HanTer - Partai Gerindra bersyukur ketua umumnya, Prabowo Subianto, menjadi menteri paling dikenal publik dan menjadi menteri berkinerja paling baik versi survei Indo Barometer. Menurut Gerindra, prestasi Prabowo ini semata-mata karena menjalankan visi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

"Kami bersyukur bahwa dinyatakan Pak Prabowo menjadi menteri paling populer dan kinerjanya paling baik. Perlu diketahui bahwa yang dilakukan Pak Prabowo adalah menjalankan visi dari pemerintahan, yaitu dari Pak Presiden Jokowi, mengenai bidang pertahanan keamanan," ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Jakarta, Minggu (16/2/2020).

 

Wakil Ketua DPR itu mengatakan Prabowo selalu berkonsultasi dengan Jokowi di setiap pekerjaannya.

 

"Di mana dalam setiap rapat-rapat, rapat kabinet, maupun rapat terbatas, apa yang dilakukan selalu dikoordinasikan dengan Pak Presiden, dan apa-apa yang dilakukan juga selalu meminta arahan dari Presiden," tuturnya.

 

Dasco menilai, hasil survei ini juga menunjukkan kepada publik bahwa konsep pertahanan keamanan yang ditawarkan Gerindra kepada pemerintah diterima dan dijalankan baik oleh Prabowo. Oleh karena itu, menurut Dasco, Prabowo pantas mendapat predikat itu.

 

"Bahwa konsep-konsep pertahanan keamanan yang diberikan oleh Gerindra kepada pemerintah dan diterima pemerintah, itu dijalankan sepenuh hati oleh Pak Prabowo. Sehingga hasilnya seperti inilah yang kami sambut gembira, hasil survei yang dinyatakan oleh publik bahwa Pak Prabowo adalah menteri paling populer dan dianggap kinerjanya paling baik," katanya.

 

Sebelumnya, Indo Barometer merilis survei terkait pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Salah satu hasilnya adalah Menhan Prabowo Subianto memperoleh persentase tertinggi di kategori 'menteri paling dikenal publik' dan di kategori 'menteri yang kinerjanya bagus'.

 

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden pada 9-15 Januari 2020. Adapun teknik pengumpulan data berupa wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar 2,83 persen.

 

"Prabowo Subianto jadi menteri paling dikenal publik, yakni sebesar 18,4%," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Minggu (16/2/2020).

 

Selain Prabowo, menteri yang paling dikenal public adalah Sri Mulyani (10,6%), Erick Thohir (8,2%), Mahfud Md (7,9%), Nadiem Anwar Makarim (5,3%), Luhut Pandjaitan (5,2%), Tito Karnavian (5%), Moeldoko (3,2%), Edy Prabowo (2,5%), dan Pramono Anung (2,2%).

 

Sementara 10 menteri yang kinerjanya dianggap paling bagus, Prabowo Subianto (26,8%), Sri Mulyani (13,9%), Erick Thohir (12,6%), Mahfud Md (7,3%), Nadiem Makarim (5,2%), Basuki Hadimuljono (1,8%), Syahrul Yasin (1,4%), Tito Karnavian (1,4%), Muhadjir Effendy (0,9%), dan Luhut B Pandjaitan (0,9%).